Indonesia Pecahkan Kutukan 20 Tahun Tak Pernah Menang di Stadion My Dinh

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 27 Maret 2024 | 09:04 WIB
Timnas Indonesia vs Vietnam. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia vs Vietnam. (Foto/PSSI).

Indonesiaglobe.id - Hasil gemilang diraih oleh Timnas Indonesia yang berhasil menggasak Vietnam dengan skor 3-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia zona Asia  di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (27/3/2024) malam.

Selain memastikan menjaga asa untuk lolos ke babak selanjutnya, kemenangan ini menjadi momen penting bagi Timnas Indonesias.

Ya, kutukan timnas Indonesia tidak pernah menang jika bermain di Stadion My Dinh, Hanoi selama 20 tahun akhirnya pecah di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Kali terakhir Indonesia menang di sana pada 11 Desember 2004 dalam ajang Piala Tiger yang kemudian berubah menjadi Piala AFF. Kala itu, skuad Garuda menang 3-0 berkat gol yang dilesatkan oleh Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma.

Karena itulah, melawat ke My Dinh memang bukan hal mudah bagi Indonesia. Terlebih sebelum laga dimulai, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah mempunyai ambisi bakal memecahkan rekor tersebut.

“Rekor selalu bisa dipecahkan, jika kita tidak memenangkan Vietnam lagi dalam 20 tahun terakhir. Tapi saya yakin rekor itu akan dipecahkan sekarang," kata Shin Tae-yong sebelum laga Vietnam sebagaimana dilansir dari laman PSSI.

Ucapan pelatih asal Korea Selatan ini pun menjadi kenyataan. Skuad Garuda bisa menang dengan skor cukup telak 3-0 dari tuan rumah Vietnam.

Tiga gol dilesakkan melalui sundulan Jay Idzes pada menit kesembilan. Disusul solo run cantik Ragnar Oratmangone menit ke-24 dan sundulan Ramadhan Sananta 90+8’.

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia sejauh ini sudah mengoleksi tujuh poin setelah meraih dua kemenangan, satu seri dan satu kekalahan.

Indonesia tinggal memainkan dua laga melawan Irak dan Filipina pada tanggal 6 dan 11 Maret mendatang.  Dua laga itu semua akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: