Pengamat: Prabowo Bisa Jadi Tokoh Bangsa, Satukan Jokowi dan Megawati

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 27 Maret 2024 | 18:00 WIB
Prabowo Subianto. (Foto/Instagram: Prabowo)
Prabowo Subianto. (Foto/Instagram: Prabowo)

Indonesiaglobe.id - Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dinilai menjadi sosok yang tepat untuk menyatukan kembali hubungan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan dalam rangka rekonsiliasi usai Pemilu 2024. 

Namun, butuh kebesaran jiwa para tokoh bangsa itu untuk bisa bersatu kembali.

"Kalau kita bicara rekonsiliasi, butuh jiwa besar semua tokoh bangsa. Baik Megawati atau Jokowi. Ya mungkin saja terjadi rekonsiliasi itu. Prabowo bisa menjadi tokoh bangsa presiden terpilih yang menyatukan, sangat mungkin itu," ujar pengamat politik Ujang Komarudin saat dihubungi, Rabu (27/3/2024).

Tetapi ada catatan bahwa Megawati sampai hari ini belum bisa memaafkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), akibat residu Pilpres 2004 yang kini terjadi kembali di 2024.

"Megawati dengan SBY sampai hari ini tidak pernah ketemu. Itu residu dari pilpres 2004. Ya saya sih melihat jangan-jangan ini residunya sama, lukanya akan panjang," kata Ujang.

Karena itu, rekonsiliasi antara Megawati dengan Jokowi bakal sulit apabila lukanya itu mendalam dan terus berbekas hingga lama. Namun, Ujang yakin peran Prabowo sebagai jembatan bisa sedikit memulihkan.

"Jadi soal rekonsiliasi itu mungkin, tapi sepertinya akan lama terkait persoalan politik saat ini. Prabowo jadi jembatan, iya, bisa jadi. Tetapi hubungan Megawati dengan Jokowi kelihatannya akan panjang akan lama," katanya.

"Saya sih berharap cepet bersatu agar tokoh-tokoh bangsa tersebut bisa sama-sama membangun bangsa dengan jiwa kenegarawanannya masing-masing," pungkas Ujang.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: