Pelabuhan Ciwandan Kembali Fasilitasi Mudik Kendaraan Bermotor

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 29 Maret 2024 | 13:45 WIB
Kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (Foto: ASDP)
Kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (Foto: ASDP)

Indonesiaglobe.id - PT Pelindo Regional 2 Banten telah bersiap menyediakan Pelabuhan Ciwandan untuk melayani angkutan arus mudik Jawa-Sumatera pada Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Menurut Manajer PT Pelindo II Regional 2-Banten Irtanto Armawan, Pelabuhan Ciwandan akan menyeberangkan kendaraan bermotor yang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Irtanto mengatakan Pelabuhan Ciwandan telah dipilih pemerintah untuk menyukseskan mudik Lebaran mulai 3-9 April 2024. Selain kendaraan bermotor, pelabuhan itu juga akan menampung truk.

“Kendaraan roda dua dan truk guna mengurangi kepadatan antrean di Pelabuhan Merak-Bakauheni melayani kapal arus mudik Lebaran,” ujar Irtanto dalam keterangannya, dikutip Jumat (29/3/2024).

Menurut dia, PT Pelindo Regional 2 Banten menyediakan Dermaga dan fasilitas penunjang untuk mudik sesuai permintaan pemerintah mulai H-7 sampai H-1 Lebaran.

“(Kami) menyediakan Dermaga 05A, Dermaga 03, dan Dermaga 07. Kemudian, area lapangan parkir (buffer area) dan back up area untuk motor seluas 7.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 unit,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya menyiapkan area lapangan truk seluas 25.000 meter persegi dengan kapasitas 200 unit yang digunakan sementara dalam mendukung angkutan Lebaran 2024.

“Selain itu, Pelindo menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, petugas pandu dua orang dari Pelindo yang bertugas secara bergantian,” kata Irtanto.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: