Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik di Tol Terjadi Pada 6 April 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 05 April 2024 | 20:11 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto/Jasa Marga).
Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto/Jasa Marga).

BeritaNasional.com - Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyebutkan, Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 yang jatuh pada besok Sabtu (6/4/2024).

Menurut Lisye, pihaknya memprediksi sebanyak 259 ribu kendaraan akan meninggalkan Jabotabek, alias naik 66,8% terhadap lalin Normal atau naik 0,03% terhadap Lebaran 2023.

“Untuk menghindari penumpukan kendaraan di tanggal yang diprediksi menjadi waktu puncak tersebut, kami sekali lagi mengimbau agar pengguna jalan yang memiliki kelonggaran waktu agar dapat mengatur waktu perjalanan dengan melakukan perjalanan mudik lebih dini serta hindari perjalanan di waktu favorit seperti sehabis waktu sahur dan berbuka puasa,” ujar Lisye dalam keterangannya, Jumat (5/5/2024).

Karena adanya peningkatan arus lalu lintas pada esok hari, dia pun meminta kepada para pengendara untuk dapat mengecek perlengkapan saat mudik. Semisalnya, kecukupan saldo uang elektronik hingga bahan bakar minyak (BBM).

“Jasa Marga kembali mengimbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal,” tuturnya.

Paling penting, kata Lisye, para pengendara harus dapat mematihi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area.

“Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk mengecek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang dinamis dari pihak Kepolisian. Aktif untuk perbarui informasi lalu lintas terutama cek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari Kepolisian yang bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Aplikasi Travoy, Akun X @PTJASAMARGA serta media sosial resmi Jasa Marga,” tandasnya
 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: