Sri Mulyani Ungkap Asal-usul Anggaran Bansos di Awal 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 05 April 2024 | 19:25 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. (Beritanasional.com/Oke Atmadja)
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. (Beritanasional.com/Oke Atmadja)

BeritaNasional.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkap asal-usul anggaran bantuan sosial (bansos) yang disalurkan di awal 2024. 

Sri menekankan bantuan sosial itu berasal dari APBN 2024 yang telah disusun di tahun sebelumnya.

"Itu sudah terbit Perpresnya pada November 2023. Jadi, sebelum tahun anggaran dimulai, perpres sudah selesai," ungkapnya saat sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Secara simbolis, Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) diserahkan Presiden Joko Widodo kepada menteri dan kepala daerah pada 29 November 2023. Jadi, pemerintah sudah bisa melaksanakan anggaran mulai 1 Januari.

"Dengan demikian, seluruh KL dan pemerintah daerah bisa melaksanakan anggarannya mulai 1 Januari. Anggarannya ya berasal dari alokasi yang diberikan kepada masing-masing kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah, berasal dari transfer ke pemerintah daerah," ujar Sri.

Bantuan El Nino dilakukan oleh Bapanas dengan anggaran berasal dari Bapanas. Anggaran itu berasal dari cadangan pangan pemerintah.

"Mekanisme pembayarannya, apabila sudah dilakukan bantuan, maka harus dilakukan review BPKP. Anggaran berasal dari cadangan-cadangan pangan pemerintah dan kemudian apabila terjadi perbedaan antara anggaran yang sudah dialokasi dengan tahunan, kami bisa melakukan realokasi dari anggaran bendahara umum negara," jelas Sri.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: