Banjir dan Longsor di Munahasa Utara, 422 Unit Rumah Terendam

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 09 April 2024 | 10:17 WIB
Banjir dan Longsor di Munahasa Utara. (Foto/BNPB)
Banjir dan Longsor di Munahasa Utara. (Foto/BNPB)

BeritaNasional.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan telah terjadi banjir dan longsor di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara pada Minggu (7/4/024).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan banjir dipicu hujan intensitas tinggi hingga menyebabkan bencana banjir, longsor dan pohon tumbang.

“Sebanyak 268 Kepala Keluarga atau 1.071 jiwa terdampak. Dan 154 Kepala Keluarga atau 615 jiwa mengungsi,” ujar Muhari dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4/2024).

Muhari mengatakan lokasi pengungsian sementara berada di tempat ibadah, rumah warga yang tidak terdampak, balai desa, dan tenda yang didirikan desa setempat.

“Untuk memenuhi kebutuhan logistik pengungsi, terdapat dapur umum dari desa setempat serta bantuan dari berbagai pihak,” tuturnya.

Berdasarkan data yang ia himpun, Muhari menyebut banjir setinggi 70 cm yang menerjang Minahasa Utara menyebabkan 422 unit rumah terendam dan satu fasilitas Pendidikan rusak berat.

“Selain itu, dampak banjir memutus jaringan listrik dan jaringan komunikasi. Kondisi terkini jaringan listrik belum seluruhnya tersambung begitu pula dengan jaringan komunikasi,” tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: