Lebaran 2024

Idul Fitri, Ini 3 Arahan Mendagri untuk Kepala Daerah

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 10 April 2024 | 09:45 WIB
Mendagri Tito Karnavian memberikan arahan (Foto/Inst Tito)
Mendagri Tito Karnavian memberikan arahan (Foto/Inst Tito)

BeritaNasional.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, pihaknya telah memberikan tiga arahan kepada para kepala daerah dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 2024.

Tito mengatakan, arahan tersebut telah diberikannya melalui rapat koordinasi dengan kepala daerah ataupun penjabat (Pj) kepala daerah.

"Saya sebelumnya sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah. Saya sudah meeting," kata Tito kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Rabu (10/4/2024).

Arahan pertama, Tito meminta kepada seluruh kepala daerah untuk menjaga keamanan situasi pasca-pemilu.

"Saya minta seluruh kepala daerah menjaga situasi yang sudah cukup waktu pada waktu pemilu dan pasca-pemilu, merajut kembali perbedaan di antara masyarakat," ujar Tito.

Kemudian, yang kedua adalah menjaga toleransi seluruh warga yang dipimpinnya. "Kedua, membantu untuk ibadah Ramadan dilaksanakan oleh umat Islam dengan baik, menjaga toleransi," ucap Tito.

Terakhir, ia meminta para kepala daerah untuk menjaga kestabilan harga pangan mengontrol arus mudik dan balik.

"Selain juga kesediaan pangan dan harga, jangan sampai terjadi lonjakan. Yang kedua adalah menjaga arus mudik dan arus balik," kata Tito.

"Jadi saya minta kepala daerah dan Pj kepala daerah semua turun ke lapangan untuk mengecek daerahnya masing-masing agar arus mudik dan arus balik nanti diyakinkan untuk tetap lancar," sambungnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: