Arus Balik Lebaran 2024

1 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk ke Jakarta pada Arus Balik Lebaran, Pemudik Diminta Atur Jadwal

Oleh: Mufit
Kamis, 11 April 2024 | 13:44 WIB
Kendaraan melintas di jalan tol. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Kendaraan melintas di jalan tol. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya memprediksi sebanyak 1 juta kendaraan akan masuk ke Jakarta pada musim arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kira-kira kita akan menerima sebanyak 1 juta kendaraan yang akan masuk ke Jakarta pada 13, 14, 15, dan 16 April," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Kamis (16/4/2024).

Dia memperkirakan kendaraan yang masuk Jakarta setiap harinya sebanyak 25 ribu kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Latif mengimbau para pemudik untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan.

"Untuk persiapan arus balik, jadi betul-betul kita informasikan untuk bersiap lebih awal. Saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta agar mengatur waktunya," ucapnya.

Latif meminta pemudik ke arah Bogor, Depok, dan Cibubur diimbau tak melewati Cikunir.  Dia juga meminta masyarakat sebaiknya memanfaatkan tol fungsional, yaitu ruas Tol Cibitung menuju ke Cimanggis.

"Karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," ungkapnya.

Selain itu, Latif juga mengingatkan masyarakat yang akan melakukan arus balik menjaga kondisi badan saat melakukan perjalanan.

"Jangan sampai kehabisan bensin dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul mengimbau dari sekarang," pungkasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: