Mudik 2024

Polisi Imbau Masyarakat Atur Waktu Balik Mudik ke Jakarta

Oleh: Mufit
Kamis, 11 April 2024 | 17:00 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya mengimbau para pemudik untuk mengatur waktu perjalanan kembali atau arus balik ke Jakarta dan sekitarnya. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan.

"Untuk persiapan arus balik, jadi betul-betul kita informasikan untuk bersiap lebih awal," kata Latif Usman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/4/2024).
 
Lebih lanjut, Latif menyebut berdasarkan data sebanyak 1,3 juta kendaraan yang keluar Jakarta pada musim mudik Lebaran. Dia berharap jutaan orang tersebut dapat membagi waktu arus balik.

Latif pun memprediksi sebanyak 1 juta kendaraan akan kembali ke Jakarta pada tanggal 16 April 2024.

"Kira-kira kita akan menerima sebanyak 1 juta kendaraan yang akan masuk ke Jakarta pada 13, 14, 15, dan 16 April. Mudah-mudahan empat hari ini dibagi gitu," ucapnya.

"Kalaupun sehari itu 250.000, itupun sudah cukup tinggi. Oleh sebab itu saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta agar mengatur waktunya," sambungnya.

Latif meminta pemudik ke arah Bogor, Depok, dan Cibubur diimbau tak melewati Cikunir. Kata dia, masyarakat sebaiknya memanfaatkan tol fungsional, yaitu ruas Tol Cibitung menuju ke Cimanggis.

"Karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," ungkapnya.

Selain itu, Latif juga mengingatkan masyarakat yang akan melakukan arus balik menjaga kondisi badan saat melakukan perjalanan.

"Jangan sampai kehabisan bensin dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul mengimbau dari sekarang," pungkasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: