Arus Balik Lebaran 2024

Cegah Antrean di Pelabuhan Bakauheuni, Pemudik Diminta Beli Tiket Penyeberangan Sejak Jauh Hari

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 12 April 2024 | 09:37 WIB
Kondisi kendaraan di pelabuhan Merak. (Foto/ASDP).
Kondisi kendaraan di pelabuhan Merak. (Foto/ASDP).

BeritaNasional.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan kepada masyarakat yang akan kembali ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera untuk bisa membeli tiket penyebarangan dari jauh-jauh hari. 

Menurutnya, masih banyak kasus pemudik yang tidak tertib karena tidak memiliki tiket, membeli tiket pada hari keberangkatan, dan tidak menggunakan tiket sesuai dengan hari keberangkatan. 

Dia menyebut, bila masyarakat yang akan balik ke daerah asalnya bisa tertib dan disiplin dalam mematuhi urusan tiket dan penyeberangan, maka urusan penyeberangan akan bisa selesai.

"Jadi kalau itu semua yang akan balik melakukan itu, 30 persen urusan penyeberangan bisa selesai," kata Muhadjir dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024).

Muhadjir pun sangat berharap para pemudik bisa memahami kondisi tersebut. Dengan begitu, arus balik lebaran bisa berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan dan saya berharap betul pada para pemudik yang akan kembali arus balik terutama dari Pelabuhan Bakauheni mohon untuk jangan datang sebelum punya tiket," tutur Muhadjir Effendy.

Diketahui sebelumnya,  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengingatkan kepada para pengguna jasa angkutan lebaran kapal laut untuk dapat membeli tiket jauh-jauh hari selama periode arus balik Lebaran 2024. Hal itu, sebagai bentuk mencegah para pemudik kehabisan tiket pada momen tersebut.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan alangkah baiknya kepada seluruh pengguna jasa untuk dapat mempersiapkan perjalanan arus balik Lebaran yang diprediksi akan dimulai pada hari ini, Kamis (11/4/2024).

“Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju pelabuhan, karena tidak ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera beli tiket dari sekarang,” kata Shelvy dalam siaran persnya, Kamis (11/4/2024).

Pemudik agar mempersiapkan perjalanan dengan matang, membeli tiket via online Ferizy atau mitra resmi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota. 

“Pastikan sudah bertiket sebelum Anda berangkat, dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket," ujarnya.
 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: