Presiden FIFA Serukan Masyarakat Seluruh Dunia Lawan Rasisme

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 12 April 2024 | 17:00 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Dokumentasi FIFA
Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Dokumentasi FIFA

BeritaNasional.com - Presiden FIFA Gianni Infantino tak henti-hentinya menyerukan seluruh warga dunia untuk melawan rasisme yang masih terjadi di pertandingan olahraga, khususnya sepak bola.

Infantino menilai masih adanya kasus rasisme menunjukkan sepak bola masih bermasalah. Contohnya, kasus rasisme yang dialami pemain Real Madrid dan Brasil Vinicius Jr.  

Hal itu dikatakannya saat bertemu dengan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL).

"Kami harus bersatu melawan rasisme. Vinicius dan yang lainnya menderita. Tidak ada alasan untuk melakukan serangan tersebut. Kami harus bersatu melawan kekerasan itu” katanya pada sebuah acara di Asuncion yang dikutip dari Antara pada Jumat (12/4)..

Bulan lalu, Spanyol dan Brazil menyelenggarakan pertandingan persahabatan di Madrid guna meningkatkan kesadaran pecinta sepak bola agar bersama-sama mencegah tindakan rasialisme.

Sebelum pertandingan itu, Vinicius mengatakan keinginannya untuk bermain sepak bola semakin menurun seiring meningkatnya insiden pelecehan rasial yang ditujukan kepadanya di Spanyol.

Pemain kulit berwarna lainnya juga mengalami pelecehan di Eropa, Brasil, dan negara lain dalam beberapa bulan terakhir.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: