Piala Asia U-23 2024

Wasit Kontroversial Shaun Evans Pimpin Laga Indonesia vs Korea Selatan U-23

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 24 April 2024 | 15:36 WIB
Wasit Shaun Evans. (foto/myfootball.com.au).
Wasit Shaun Evans. (foto/myfootball.com.au).

BeritaNasional.com - Pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2024 akan dipimpin oleh Wasit asal Australia, Shaun Evans. Wasit Shaun Evans terkenal dengan keputusan kontroversial saat memimpin pertandingan.

Diketahui pertandingan perempat final Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia vs Korea Selatan U-23 akan berlangsung pada Kamis (25/4/2024) malam waktu setempat atau Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. Pertandingan akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Memang, Shaun Evans pastinya tidak asing bagi para pecinta sepak bola di Indonesia. Apalagi, Shaun Evans pernah memimpin Liga 1 antara Persija vs Persib di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada 3 November 2017 lalu.

Dalam derby klasik Persija vs Persib tersebut, Shaun Evans membuat keputusan yang dianggap kontroversial. Di mana, wasit asal Australia tersebut menganulir gol yang diciptakan oleh penyerang Persib Ezechiel N’Douassel. 

Akibat peristiwa tersebut kubu Persib Bandung melayangkan protes dengan menghentikan sementara pertandingan karena kecewa atas keputusan Shaun Evans. Sampai akhirnya, Shaun Evans menghentikan pertandingan di menit ke-83.

Kontroversi lainnya adalah Shaun Evans memberikan dua kali penalti kepada Uni Emirat Arab (UEA) ketika berjumpa dengan Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Akibat keputusan itu memberikan dampak kepada Timnas Indonesia U-23 tersingkir dari babak 16 besar Asian Games.

Tak cuma itu, Shaun Evans juga dikenal sebagai wasit yang enteng mengeluarkan kartu dari sakunya. Hal itu, pastinya perlu diwaspadai oleh para penggawa Timnas Indonesia U-23 saat kontra dengan Korea Selatan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: