PKB Tegaskan Tak Minta Jatah Menteri kepada Prabowo

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 30 April 2024 | 10:00 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (BeritaNasional/Panji)
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (BeritaNasional/Panji)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PKB) Jazilul Fawaid menegaskan pihaknya tidak meminta jatah kursi menteri kepada presiden pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

Hal itu diucapkannya saat ditanya terkait berapa kursi menteri yang diminta PKB dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

"Enggak, enggak, PKB berkoalisi sejak dulu kan enggak pernah bicara soal bagi-bagi kursi menteri," ujar Jazilul di DPP PKB yang dikutip pada Selasa (30/4/2024).

Menurut dia, penunjukan menteri merupakan hak prerogatif Prabowo sebagai presiden. PKB mengaku hanya akan menunggu jika kesempatan tersebut ada.

"Kami tunggu saja nanti Pak Prabowo dilantik.Beliau yang punya hak prerogatif. Pak Prabowo yang akan membagi," tuturnya.

Sebelumnya, Jazilul mengaku pihaknya belum mendapat undangan untuk bergabung dengan pemerintahan Prabowo meski sudah diajak bekerja sama.

“Oh itu belum (bergabung), belum sampai di sana. Soal koalisi, di dalam atau di luar pemerintahan, nanti diputuskan,” katanya. 

Dia menegaskan pihaknya belum bicara soal sikap politiknya menjadi oposisi atau koalisi. Meski demikian, Jazilul menyatakan pihaknya mempunyai sejarah dan visi-misi yang sama dengan Partai Gerindra.

“Dari sejarah, jelas PKB dan Gerindra memiliki visi yang sama. Kemudian, memiliki pengalaman dalam kerja sama baik di legislatif selama ini atau di tempat-tempat yang lain,” ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: