Impian Timnas Indonesia U-23 Berlaga di Olimpiade 2024 Kandas setelah Kalah 0-1 oleh Guinea

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 09 Mei 2024 | 22:12 WIB
Skuad Timnas Indonesia menghadapi Guinea. (Foto: PSSI)
Skuad Timnas Indonesia menghadapi Guinea. (Foto: PSSI)

BeritaNasional.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 tertunduk di hadapan Guinea dengan skor akhir 0-1 dalam playoff Olimpiade Paris 2024 yang digelar di Stade Pierre Pibarot, Paris, Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Artinya, impian skuad Garuda Muda Indonesia untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024 harus kandas di tangan tim berjuluk National Elephants tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) di atas kertas menggunakan formasi 3-4-2-1 menurunkan pilar utama seperti Ernando Ari, M. Ferarri, Natan Tjoe-A-On, Ivar Jennar, dan Witan Sulaeman berusaha tampil apik sejak menit awal pertandingan.

Di menit awal, Arhan Pratama melakukan tendangan dengan kaki kanan setelah menerobos jantung pertahanan sebelah kanan Guinea. Namun, tendangannya dapat ditangkap oleh kiper Guinea Soumaila Sylla.

Kemudian, pada menit ke-29, Guinea mendapat penalti setelah Witan melanggar Algassime Bah di kotak penalti Ernando Ari. 

Pemain nomor punggung 10 Ilaix Moriba yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan Ernando Ari untuk membawa Guinea unggul 1-0.

Pada menit ke-41, Marselino menusuk dari sisi kanan pertahanan Guinea dengan kombinasi apik bersama Witan, namun tendangan plesing Marselino melenceng dari gawang Soumaila Sylla.

Kemudian, di waktu tambahan babak kedua 45’+4, Guinea hampir membobol gawang Indonesia.

Bah mencuri bola dan berhadapan satu lawan satu dengan Ernando. Namun Ernando bisa menghalau tendangannya.

Di babak kedua, Indonesia langsung tancap gas dengan menguasai bola. Lalu, Dewangga masuk menggantikan Komang Teguh pada menit ke-51.

Pada menit ke-60, Witan Sulaeman berlari dari tengah lalu mengoper bola ke Marselino, namun bola keluar.

Peluang emas didapat skuad Garuda Muda lewat sundulan Dewangga pada menit ke-61 lewat umpan Nathan Tjoe-A-On. Namun, sundulannya melebar ke sisi kiri gawang Guinea.

Pada menit ke-67, Indonesia memiliki peluang atas kerja sama Marselino dan Witan. Tak sempat menembak, bola di kaki Marselino direbut oleh barisan pertahanan Guinea.

Kemudian, pada menit ke-70, operan terobosan Natan diterima oleh Witan yang langsung menembak ke arah gawang, tetapi bola itu masih bisa diblok pemain bertahan Guinea.

Ada insiden di pertengahan babak kedua. Diawali dari tekel Dewangga yang berbuah penalti untuk Guinea.

Protes keras pun datang dari STY sehingga harus diganjar kartu merah oleh wasit pertandingan.

Namun, tendangan penalti Guinea di menit ke-78 mampu dimentahkan Ernando Ari.

Berlanjut pada menit ke-81, Witan melakukan umpan terobosan ke Sananta. Namun, tendangan sananta kembali diblok oleh bek Guinea. Skor 0-1 untuk Guinea bertahan hingga peluit panjang ditiupkan. 

Susunan Pemain

Indonesia U-23: Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Nathan Tjoe-A-On, Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Guinea U-23: Soumaila Sylla, Ibrahima Diakite, Saidou Sow, Mohamed Soumah, Maadiou Keita, Issiaga Camara, Aguibou Camara, Ilaix Moriba, Ousmane Camara, Algassime Bah, Facinet Contesinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: