Darurat Bencana Banjir, Kepala BNPB Bertolak ke Sumatera Barat

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 13 Mei 2024 | 16:45 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (Foto/BNPB)
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (Foto/BNPB)

BeritaNasional.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto bertolak ke Sumatra Barat pada hari ini Senin (13/5/2024). Suharyanto datang ke Sumatra Barat untuk melihat langsung kondisi bencana banjir lahar hujan di wilayah tersebut.

“Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, bertolak ke Sumatra Barat untuk memimpin rapat koordinasi penanganan darurat bencana banjir lahar hujan di Provinsi Sumatra Barat,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan persnya, Senin (13/5/2024).

Abdul menyampaikan bilamana kunjungan ini merupakan bentuk kehadiran negara untuk memastikan penanganan darurat dan pemenuhan dasar warga terdampak terpenuhi dengan baik.

Ia juga menambahkan, Suharyanto juga dijadwalkan melakukan tinjauan langsung ke lokasi terdampak bencana banjir lahar hujan ini dengan menggunakan helikopter. 

“Adapun helikopter ini nantinya akan di standby kan di Sumatra Barat untuk membantu proses evakuasi korban dan distribusi logistik di daerah terdampak,” tuturnya.

Sejauh ini korban meninggal dunia akibat banjir lahar hujan di Provinsi Sumatra Barat mencapai 43 orang. Angka ini berdasarkan laporan termutakhir yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (13/5/2024) pukul 13.00 WIB.

 “Penambahan jumlah korban hari ini setelah tim pencarian dan pertolongan menemukan lima warga warga Kabupaten Tanah Datar dan satu orang warga Padang Pariaman dalam keadaan meninggal dunia. Dari enam jenazah yang ditemukan pada hari ini, empat diantaranya masih dalam proses identifikasi,” kata Abdul.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: