Bencana Banjir di Sumatera Barat, Bamsoet Usul Modifikasi Cuaca Segera Dilakukan

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 14 Mei 2024 | 05:08 WIB
Banjir di Sumatera Barat. (Foto/BNPB)
Banjir di Sumatera Barat. (Foto/BNPB)

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) turut menyampaikan dukacita yang mendalam terhadap korban meninggal akibat bencana banjir bandang di Sumatra Barat. Ia pun meminta pemerintah segera memaksimalkan bantuan yang dibutuhkan oleh warga yang terdampak banjir tersebut.

“Mendorong pemerintah melalui Dinas Sosial untuk memaksimalkan bantuan yang dibutuhkan warga terdampak banjir bandang, dengan menyesuaikan data yang telah dikumpulkan dan di update,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (14/5/2024).

“Sehingga diharapkan bantuan ataupun keperluan bagi warga terdampak dapat tepat sasaran juga sesuai dengan jumlah kebutuhan korban terdampak,” imbuhnya.

Bamsoet pun mengusulkan agar BMKG mendorong BRIN untuk segera melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Sumatera Barat, guna mengurangi potensi hujan deras dan kebencanaan di wilayah Sumatera Barat. 

“Mengingat, berdasarkan hasil analisa cuaca diprakirakan hingga 22 Mei 2024 wilayah Sumbar berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga sangat deras sehingga meningkatkan potensi terjadinya bencana seperti banjir bandang hingga longsor,” tuturnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama pihak-pihak terkait lainnya, agar terus mematangkan program tanggap bencana sebagai upaya mitigasi bencana alam jangka panjang.

“Sehingga diharapkan dampak serta kerugiannya tidak besar atau dapat diminimalisir,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: