Kata-kata Haru Jurgen Klopp sebelum Laga Terakhir Liverpool vs Wolves

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 19 Mei 2024 | 20:00 WIB
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp. (Foto/Dok Europa League)
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp. (Foto/Dok Europa League)

BeritaNasional.com - Perjalanan karier Jurgen Klopp sebagai manajer atau pelatih Liverpool harus terhenti di musim 2023-2024.

Sembilan tahun sudah pelatih asal Jerman tersebut mengangkat The Reds, julukan Liverpool, kembali menjadi raksasa Eropa.

Sejak pertama menginjakkan kaki di Anfield pada 8 Oktober 2015, mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut berhasil menorehkan tinta emas untuk Liverpool.

Mengusung permainan impresif dan menekan lawan, Klopp sukses membawa Liverpool menjuarai trofi mayor seperti Liga Champions musim 2018-2019, Piala Super Eropa 2019, Piala Dunia Antarklub, Premier League 2019-2020, dan sejumlah piala lainnya.

Dalam momen konferensi pers terakhirnya di Liverpool menjelang laga melawan Wolves pada Minggu (19/5), Jurgen Klopp mengungkapkan kata-kata haru yang patut disimak para pendukung setia The Kop.

"Ini adalah pertandingan terakhir saya sebagai manajer Liverpool. Ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk pergi, saya juga tahu." bahwa hal ini memerlukan waktu untuk membiasakan diri. Jika titik awalnya adalah pengumuman, langkah besar berikutnya di masa depan adalah Minggu (hari ini),’’ tuturnya yang dikutip dari laman resmi Liverpool FC, Minggu (19/5).

Klopp menyatakan siapa pun yang pergi, kondisi klub sangat baik saat ini. Ada banyak pemain yang siap berburu gelar di musim depan.

“Ya, mereka akan memiliki kepemimpinan baru dalam waktu dekat. Ini adalah klub yang siap untuk melakukan perjalanan ke arah yang baru,’’ ujarnya.

Klopp mengenang momen yang tak terlupakan saat melatih klub ini. Dia juga bercerita tentang hal yang tak terlupakan di sana.

"Selama di sini, kami diberkahi banyak hal dan penting bagi saya menekankan bahwa apa yang kami lakukan selalu didukung kepemilikan yang stabil, cerdas, dan kreatif. Saya sangat bersyukur atas hal ini. Itu hanya menjadi kabar baik bagi Liverpool FC,’’ tuturnya.

Mantan pemain klub Jerman Mainz itu juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan cinta Liverpudlian yang dicurahkan kepadanya.

“Kepada suporter, saya mengucapkan terima kasih dan cinta. Semua yang kami lakukan adalah karena Anda. Saya berkali-kali mengacu spanduk di Kop yang bertuliskan Persatuan Adalah Kekuatan dan saya pikir ini adalah keyakinan yang kami semua jalani,’’ ungkapnya.

Klopp pun menitipkan pesan kepada pemilik klub agar pelatih Liverpool selanjutnya mendapatkan hal yang sama seperti dirinya pertama melatih.

“Yang penting sekarang adalah hal ini terus berlanjut sehingga penerus saya bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti yang saya dapatkan. Setelah Minggu saya menjadi pendukung juga,’’ katanya.

Di akhir konferensi persnya, Klopp menutup dengan kalimat kebanggaan publik Liverpool. 

"I have never walked alone. You will never walk alone. LFC will never walk alone,’’ tutupnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: