Banjir di Merauke, BNPB: 2.762 Warga Terdampak

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 24 Mei 2024 | 09:00 WIB
Banjir Merauke. (Foto BNPB)
Banjir Merauke. (Foto BNPB)

BeritaNasional.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa banjir yang melanda Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, telah berdampak pada 851 keluarga, atau sekitar 2.762 warga.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, banjir ini terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi.

“Dilaporkan sebanyak 851 KK atau 2.762 warga terdampak. Peristiwa ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi,” ujar Muhari dalam pernyataan tertulis yang diterima pada Jumat (24/5/2024).

Muhari menjelaskan bahwa hujan deras tersebut mulai terjadi sejak Selasa pukul 16.00 WIT. Beberapa wilayah terdampak akibat cuaca buruk ini.

“Berdasarkan data yang diterima BNPB, sebanyak empat desa di Kecamatan Kurik terdampak. Desa Sumber Mulya, Desa Telaga Sari, Desa Sumber Rejeki, dan Desa Wapeko,” tuturnya.

Ia juga menginformasikan bahwa 836 unit rumah mengalami kerusakan ringan, sementara enam unit rumah mengalami kerusakan sedang. Selain itu, lahan pertanian juga turut terdampak dalam bencana ini.

“485 hektar lahan pertanian terdampak dengan tinggi muka air berkisar 20-80 cm,” jelasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: