Ini Alasan PKS Jakarta Dukung Anies Sebagai Calon Gubernur

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 24 Mei 2024 | 10:00 WIB
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat hadiri penetapan Prabowo-Gibran di KPU. (Foto/Oke Atmaja)
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat hadiri penetapan Prabowo-Gibran di KPU. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - DPW PKS Jakarta mengungkap alasan mengusulkan nama Anies Baswedan untuk diusung sebagai bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. 

"Kami mengadopsi keinginan para kader yang menginginkan pak Anies ini dicalonkan kembali oleh PKS. Jadi kami menampung aspirasi dari para kader," kata Sekretaris DPW PKS Jakarta Abdul Aziz kepada wartawan, dikutip Jumat (24/5/2024).

Namun dukungan PKS Jakarta kepada Anies Baswedan itu masih sebagai usulan kepada DPP PKS, belum menjadi keputusan final.

"ini belum final, belum ada keputusan resmi dalam bentuk surat, masih bisa berubah-ubah referensinya," kata Abdul.

Sementara itu, menurut Abdul PKS tidak ingin terburu-buru mengeluarkan putusan. 

Karena perlu melihat dinamika politik ke depan. PKS juga membutuhkan koalisi apabila ingin mendorong Anies Baswedan.

"Kita harus melihat situasi kondisi di lapangan seperti apa. PKS juga enggak bisa mencalonkan sendiri, PKS harus berkoalisi. Kami juga harus mempertimbangkan nanti kawan koalisi kita mengusung siapa. Pasti ini akan ada tarik-ulur," ujar Abdul.

Sebelumnya, PKS Jakarta memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Keputusan itu menjadi rekomendasi DPW PKS Jakarta kepada DPP PKS.

"Keputusan DPW PKS DKI mengusulkan ke DPP seperti itu (mengusulkan Anies sebagai calon gubernur Jakarta), kewenangan DPP menerima atau menolak," kata Ketua DPW PKS Jakarta Khoirudin kepada wartawan, Kamis (23/5/2024).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: