Wayne Rooney Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru Plymouth Argyle

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024 | 21:08 WIB
Wayne Rooney pelatih baru Plymouth Argyle. (Foto/Instagram Playmouth Argyle)
Wayne Rooney pelatih baru Plymouth Argyle. (Foto/Instagram Playmouth Argyle)

BeritaNasional.com - Mantan kapten timnas Inggris, Wayne Rooney, telah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Plymouth Argyle. Rooney, yang kini berusia 38 tahun, menggantikan Ian Foster yang dipecat pada 1 April setelah serangkaian hasil buruk.

Penunjukan ini merupakan peran pertama Rooney sejak dipecat oleh Birmingham City pada 2 Januari setelah menjalani masa jabatan kurang dari tiga bulan dengan catatan sembilan kekalahan dari 15 pertandingan. Ketika Rooney mengambil alih Birmingham, tim berada di posisi play-off Championship, tetapi akhirnya terdegradasi ke League One, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (25/5/2024).

Pekerjaan di Plymouth Argyle adalah peran keempat Rooney sebagai pelatih kepala. Sebelumnya, Rooney pernah melatih Derby County di tengah kesulitan finansial dan berhasil mempertahankan tim di Championship pada musim pertamanya. Namun, ia meninggalkan klub setelah Derby terdegradasi akibat pengurangan 21 poin karena masalah keuangan.

Rooney juga pernah melatih DC United di Amerika Serikat selama 15 bulan sebelum meninggalkan klub tersebut pada Oktober lalu untuk bergabung dengan Birmingham. Namun, ia gagal membawa DC United ke babak play-off Major League Soccer (MLS).

Tim Pelatih Rooney

Rooney akan didampingi oleh para pelatih tim utama seperti Kevin Nancekivell, Simon Ireland, dan pelatih kiper Darryl Flahavan, dengan tambahan anggota staf lainnya yang akan diumumkan kemudian. Sejak meninggalkan Birmingham City, Rooney juga telah bekerja sebagai komentator untuk BBC di Euro 2024.

Rooney mengungkapkan kegembiraannya atas penunjukan ini. "Mengambil peran di Plymouth Argyle adalah langkah yang sempurna dalam karir saya. Saya berterima kasih kepada ketua dan dewan atas kepercayaan yang mereka berikan kepada saya," kata Rooney. "Ini adalah kesempatan untuk menjadi bagian dari proyek yang menarik. Saya menantikan untuk membangun skuad pemain yang akan bermain sepak bola menyerang dan menghibur Green Army."

Harapan dan Ambisi

Ketua Plymouth Argyle, Simon Hallett, menyatakan bahwa Rooney menghubungi klub ketika mereka memulai proses perekrutan pelatih baru. "Sepanjang proses wawancara, Wayne menunjukkan dirinya sebagai kandidat yang penuh semangat, cerdas, dan berpengetahuan dengan keinginan kuat untuk membuktikan dirinya dan mengembangkan karir manajerialnya," ujar Hallett.

Rooney diharapkan dapat membawa gaya sepak bola yang menarik dan menyerang sesuai dengan visi klub. Plymouth Argyle telah menunjukkan kemampuan dalam mendatangkan dan mengembangkan pemain muda berbakat seperti Morgan Whittaker dan Finn Azaz.

Rooney akan berada di klub yang dapat merekrut pemain, berbeda dengan situasi finansial Derby yang membatasi transfer. Argyle dua kali mengeluarkan rekor klub sebesar £1 juta untuk pemain musim panas lalu dan kemungkinan memiliki dana serupa untuk musim ini.

Tantangan dan Peluang

Penunjukan Rooney adalah momen bersejarah bagi Plymouth Argyle. Namun, ini juga merupakan taruhan besar bagi klub. Meskipun reputasinya sebagai pemain sangat tinggi, Rooney belum mencapai kesuksesan serupa sebagai pelatih.

Argyle berharap Rooney dapat menunjukkan kemampuan yang ia perlihatkan saat mempertahankan Derby, bukan seperti periode singkatnya di Birmingham.

Penunjukan ini juga menjadi langkah besar bagi direktur sepak bola Argyle, Neil Dewsnip, yang memilih pelatih kepala dari jaringan kontak pribadinya. Dewsnip sebelumnya bekerja dengan Rooney saat ia masih di akademi Everton.

Plymouth Argyle berharap bahwa penunjukan ini akan membawa kesuksesan baru dan membantu klub mencapai tujuan jangka panjang mereka. Rooney memiliki peluang besar untuk membuktikan kemampuan manajerialnya di klub ini.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: