Korsel Tuding Korut Jatuhkan Propaganda Anti-Korsel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 30 Mei 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi Korea Selatan (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Korea Selatan (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Korea Utara diduga menjatuhkan  propaganda anti-Korea Selatan ke kawasan perbatasan kedua negara semalam. Hal ini disampaikan pihak militer Korea Selatan kepada AFP pada Rabu (29/5/2024). Di sebuah provinsi di Korea Selatan mengeluarkan peringatan, meminta warga untuk tetap berada di dalam rumah.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, objek tidak teridentifikasi yang dipercaya sebagai selebaran propraganda Korea Utara telah ditemukan di kawasan perbatasan Gyeonggi-Gangwon dan pihak militer telah bertindak.

“Masyarakat sebaiknya menahan diri dari kegiatan di luar ruangan, jangan melakukan kontak dengan objek apapun yang tidak dikenal, dan laporkan mereka ke pangkalan militer terdekat atau polisi,” tambah pihak Kepala Staf Gabungan dalam pernyataan yang dikirimkan ke AFP.


 Selasa malam, provinsi Gyeonggi mengeluarkan sebuah pesan peringatan tertulis kepada warganya.

“Tahan diri dari aktivitas luar ruangan dan laporkan objek dari Korea Utara ke pangkalan militer ketika menemukannya,” kata pesan itu.

Dikutip dari VOA, Rabu (29/5/2024), sebelumnya Korea Utara memperingatkan bahwa mereka akan membalas dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh lembaga resmi Korean Central News Agency.

“Aksi pembalasan akan diambil terhadap aksi berulang penyebaran selebaran dan sampah lain yang dilakukan oleh Korea Selatan di dekat perbatasan,” kata Kim Kang Il, wakil menteri pertahanan Korea Utara dalam sebuah pernyataan.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: