ASUS ROG Ally X Resmi Meluncur, Masuk Indonesia?

Oleh: Imantoko Kurniadi
Rabu, 05 Juni 2024 | 13:53 WIB
ASUS ROG Ally X. (Foto/ASUS)
ASUS ROG Ally X. (Foto/ASUS)

BeritaNasional.com - ASUS ROG Ally X, varian terbaru dari handheld gaming PC paling populer, ROG Ally resmi meluncur di ajang Computex 2024.

Didesain sebagai handheld gaming PC berbasis Windows 11, ROG Ally X tetap mengandalkan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, dangan peningkatan mulai dari memori, penyimpanan, baterai, hingga desain dan sistem pendingin yang lebih canggih. 

Bagi Anda yang penasaran dengan ASUS ROG Ally X, simak ulasannya berikut ini.

ASUS ROG Ally X

ASUS ROG Ally X

Lebih Besar, Lebih Kuat

Setiap peningkatan pada ROG Ally X merupakan hasil dari berbagai masukan para gamer yang menggunakan ROG Ally. Dimulai dari penyimpanan, ROG Ally X kini dilengkapi dengan M.2 2280 PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB, dua kali lipat dari versi sebelumnya.

Dari sisi memori, ROG Ally X kini memiliki memori yang lebih cepat dan besar, yaitu 24GB LPDDR5X-7500. Dengan spesifikasi ini, ROG Ally X mampu memberikan performa gaming yang lebih baik.

Kapasitas memori yang lebih besar juga memungkinkan performa gaming yang lebih baik karena memori berpengaruh langsung pada performa iGPU Radeon di Ryzen Z1 Extreme. Dengan memori 24GB, ROG Ally X dapat memiliki VRAM sebesar 8GB dan masih menyisakan 16GB untuk menjalankan game.

ROG Ally X kini memiliki kapasitas baterai hampir dua kali lipat, yaitu 80Wh. Kapasitas baterai yang besar ini memungkinkan sesi bermain game yang lebih panjang. Meski kapasitas baterai, memori, dan penyimpanannya meningkat, ROG Ally X tetap ringan dengan bobot hanya 678 gram, 70 gram lebih berat dari versi sebelumnya.

Lebih Ergonomis dan Praktis

ROG Ally X juga hadir dengan desain yang diperbarui. Selain tampil dalam warna hitam sesuai permintaan para gamer, ROG Ally X memiliki tombol dan joystick yang didesain ulang agar lebih ergonomis dan nyaman digunakan.

Bagian hand grip-nya dibuat dengan sudut lebih tajam untuk kenyamanan saat digenggam. Salah satu perubahan mencolok adalah tombol M1 dan M2 yang kini lebih kecil dengan posisi yang lebih baik agar tidak mudah tertekan.

Tombol dan joystick ROG Ally X diganti dengan komponen yang lebih tangguh. Pegas di tombolnya kini lebih tebal, serta modul joystick-nya memiliki durabilitas hingga 5 juta kali putar. Tombol D-Pad di ROG Ally X juga mengalami peningkatan dan memiliki desain baru yang disesuaikan dengan kebutuhan kontrol game retro.

Salah satu permintaan gamer adalah port yang lebih banyak, sehingga ROG Ally X kini hadir dengan dua port USB Type-C, salah satunya mendukung perangkat berbasis Thunderbolt, menawarkan fleksibilitas yang lebih baik.

Sistem Pendingin Lebih Baik

ASUS ROG Ally X

Untuk menampung baterai yang lebih besar, ASUS menghadirkan sistem pendingin baru untuk ROG Ally X. Dua kipas khusus dengan ukuran 23% lebih kecil kini menjadi fondasi sistem pendingin di ROG Ally X. Meski ukuran kipasnya lebih kecil, performa pendinginan meningkat dengan kemampuan mengalirkan udara 24% lebih baik dibandingkan ROG Ally sebelumnya. Fitur pendinginan ini membuat ROG Ally X dapat beroperasi dengan suhu hingga 6⁰ lebih rendah.

Segera Hadir di Indonesia

ROG Ally X akan segera hadir di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanggal rilis handheld gaming PC ini di Indonesia, pantau terus pengumuman resmi dari ASUS.

Dengan berbagai peningkatan dan fitur canggih, ROG Ally X siap menjadi pilihan utama bagi para gamer yang menginginkan performa terbaik dalam genggaman.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: