Sahroni Tegaskan NasDem Tidak Terlibat Korupsi SYL

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 05 Juni 2024 | 14:07 WIB
Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni. (Foto/Panji Septo)
Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni, menegaskan partainya tidak terlibat dengan kasus korupsi yang menjerat eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Hal itu ia ucapkan usai bersaksi dalam sidang lanjutan perkara pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Partai Nasdem tidak memberikan perintah lisan atau tulisan terkait apa yang dilakukan oleh SYL,” ujar Sahroni di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024). 

Pesan tersebut juga ia sampaikan untuk masyarakat bahwa Partai NasDem tidak terlibat dalam kasus tersebut.

Meski demikian, Sahroni mengatakan pihaknya bakal melakukan evaluasi terkait keterlibatan Garda Wanita (Garnita) Partai NasDem yang menyalurkan bantuan sosial dari uang Kementan.

“Itu menjadi evaluasi. Kalau sayap partainya tetap eksis. Akan tetapi, kan ini gegara orang yang menjadi penanggung jawab sebagai sayap partai dan kebetulan anaknya SYL,” tuturnya.

Dalam perkara itu, jaksa KPK mendakwa SYL menerima uang senilai Rp 44,5 Miliar dengan cara memeras anak buah dan direktorat di Kementan untuk kepentingan pribadi dan keluarga.
 
Pemerasan itu diduga dilakukan SYL lewat beberapa anak buahnya. Di antaranya, eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dan ajudannya Panji Harjanto.

Selain itu, ia juga memberi perintah memeras direktorat Kementan lewat eks Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono dan Staf Khusus Bidang Kebijakan Imam Mujahidin Fahmid.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: