Bedah Grup D Piala Eropa 2024: Prancis Favorit Lolos, Austria Jadi Kuda Hitam

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 12 Juni 2024 | 18:05 WIB
Grup D Piala Eropa 2024. (Tangkapan layar UEFA.com)
Grup D Piala Eropa 2024. (Tangkapan layar UEFA.com)

BeritaNasional.com - Sebanyak 16 tim sepak bola nasional papan atas Eropa sebentar lagi memulai kompetisi di Piala Eropa 2024 pada Jumat (14/6) di Jerman.

Mereka telah terbagi ke dalam empat grup dan jadwal pertandingan yang telah ditentukan. Menariknya di antara empat pul, terdapat dua ‘grup neraka' yang masing-masing dihuni setidaknya dua tim kuat. Keduanya adalah grup B dan grup D. Grup B berisi Spanyol, Kroasia, Italia, dan Albania.

Bedah grup B sudah lebih dulu dibahas di beritanasional.com dengan judul Bedah Grup B Piala Eropa 2024: Pul Neraka Berisikan Negara Berstatus 'Jawara'. Nah, sekarang giliran bedah grup D yang berisi Polandia, Belanda, Austria, dan Prancis.

Prancis dapat dikatakan sebagai timnas paling kuat di antara tiga lainnya. Tim berjuluk Les Bleus ini adalah salah satu skuad yang tak terkalahkan di babak kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan 22 poin berkat 7 menang dan 1 seri.

Di babak kualifikasi, Kylian Mbappe dkk juga sukses menghajar Belanda di laga kandang maupun tandang. 

Tim asuhan Didier Deschamps ini menghajar Belanda tanpa ampun dalam duel matchday 1 grup B kualifikasi dengan skor telak 4-0 di Stade de France pada Sabtu (25/3/2023).

Finalis Piala Dunia 2022 tersebut juga sukses membungkam Belanda dengan skor 2-1 berkat brace yang dicetak oleh Kylian Mbappe di Stadion Johan Cruijff ArenA pada Sabtu dini hari (14/10/2023) WIB.

Timnas Prancis juga memiliki skuad yang boleh dibilang mumpuni di setiap lini. Sebut saja bek Ferland Mendy, gelandang Camavinga, dan Aurelien Tchouameni yang menjadi andalan Real Madrid musim ini dalam memenangi juara La Liga dan Liga Champions 2024.

Tak lupa deretan lini serang tim berlogo ayam jantan itu yang berbahaya seperti Kylian Mbappe yang sukses mencetak 9 gol selama babak kualifikasi. 

Kemudian, ada nama pemain kawakan Antoine Griezmann (Atlético Madrid) dan N'Golo Kanté (Al-Nassr). 

Timnas Prancis juga berada di urutan kedua sebagai favorit juara dengan peluang 4/1.

Beralih ke Timnas Belanda yang dihuni sederet pemain yang tak kalah baiknya. Sebut saja Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, Nathan Aké, Frenkie de Jong, dan Memphis Depay.

Nama-nama itu bisa saja merepotkan tim-tim di grup D, terutama Prancis. Tentu timnas asuhan pelatih Ronald Koeman tak ingin dipermalukan terus-menerus oleh Prancis dan dua tim lainnya.

Sebagai catatan, Timnas Belanda mampu mencetak 18 poin dari 6 menang, 0 seri, dan 2 kalah dalam babak kualifikasi.

Timnas yang berstatus kuda hitam di pul ini adalah Austria. Austria sukses menghasilkan 19 poin dari 6 kemenangan, 1 seri, dan 1 kalah.

Marko Arnautović dkk hanya kalah sekali oleh Belgia sebagai sang pemuncak klasemen di grup F kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan skor 2-3 di Stadion Ernst Happel, Wina, Sabtu (14/10/2023) dini hari WIB. 

Timnas Polandia menjadi skuad yang dibilang terlemah di antara ketiganya. Anak asuh pelatih Michal Probierz  ini paling sedikit mengoleksi poin dalam babak kualifikasi, yaitu 11 poin dengan 3 menang, 2 seri, 2 kalah, dengan menempati urutan ketiga di akhir klasemen.

Karena itu, Polandia harus melalui babak playoff untuk lolos ke Piala Eropa 2024. Lewandowski dkk harus bersusah payah mengalahkan Wales dalam adu penalti dengan skor 5-4. Duel di Cardiff City ini berlangsung sampai adu penalti karena skor 0-0 bertahan sampai tambahan 2 x 15 menit.

Diketahui, Piala Eropa resmi dimulai pada 14 Juni mendatang dan berakhir pada Minggu, 14 Juli di Olympiastadion, Berlin, Jerman.

Akan ada dua hingga empat pertandingan setiap hari di babak grup hingga 26 Juni dan babak 16 besar akan dimulai pada 29 Juni.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: