Bedah Grup F Piala Eropa 2024: Portugal Diprediksi tanpa Hambatan, Turki Bekerja Keras

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 13 Juni 2024 | 18:30 WIB
Grup F Piala Eropa 2024. (tangkapan layar laman UEFA)
Grup F Piala Eropa 2024. (tangkapan layar laman UEFA)

BeritaNasional.com - Bedah setiap pul di Piala Eropa 2024 yang terakhir adalah grup F yang dihuni Timnas Turki, Georgia, Portugal, dan Republik Ceko.

Pembahasan dimulai dari Timnas Portugal. Skuad yang diasuh oleh pelatih Roberto Martinez ini menjadi satu-satunya timnas yang berhasil menyapu bersih 10 laga di kualifikasi Piala Eropa dengan kemenangan lewat 36 gol dan hanya 2 kebobolan.

Selain itu, komposisi pemain di Timnas Portugal boleh dibilang komplet jika dibandingkan dengan tiga negara lainnya dalam grup F.

Sebut saja nama-nama beken seperti pemain bertahan Joao Cancelo (Barcelona), Diogo Dalot (Man United), Rúben Dias (Man City), dan Pepe (Porto). 

Kemudian, di barisan tengah, Danilo (Paris), Bruno Fernandes (Man United), Bernardo Silva (Man City), dan Vitinha (Paris). 

Di lini serang, ada João Félix (Barcelona), Diogo Jota (Liverpool), dan Cristiano Ronaldo (Al-Nassr).

Pemain yang patut disorot adalah Cristiano Ronaldo yang sudah berusia 39 tahun. Meski sudah uzur, mantan bintang Real Madrid tersebut tetap moncer dengan raihan 10 gol di babak kualifikasi.

Apalagi, CR7, julukannya, kini memegang rekor dunia gol internasional lewat torehan 130 gol untuk Portugal sejak melakukan debut pada 2003.

Tuah itulah yang diharapkan publik sepak bola Portugal agar bisa melangkah jauh di kompetisi sepak bola terakbar di daratan Eropa ini.

Bila tak main penuh dalam satu pertandingan nanti, Ronaldo dapat menjadi pembangkit mental atau booster para koleganya.

Beralih ke Turki. Skuad Timnas yang berhasil menjadi juara grup D di kualifikasi dengan raihan 5 menang, 2 seri, dan 1 kalah ini memang tak memiliki nama mentereng seperti Portugal.

Namun, anak asuh pelatih Vincenzo Montella ini memiliki pemain kunci seperti Hakan Çalhanoğlu. Kapten Turki ini salah satu pemain paling berpengalaman di skuad sekaligus membantu Inter memenangi Serie A musim 2023-2024 dan finalis Liga Champions 2023. 

Gelandang ini sedang mempersiapkan diri dan bisa memainkan peran kunci dengan keahlian bola mati, permainan link-up yang kuat, dan semangat juangnya.

Selain Hakan, ada nama Arda Güler. Lulusan akademi muda Fenerbahçe yang sangat berbakat ini bergabung dengan raksasa Spanyol Real Madrid pada awal musim 2023-2024. 

Lahir pada tahun 2005, debutan turnamen ini siap menjadi salah satu pemain paling menarik berkat kreativitas, dribbling-nya yang luar biasa, visi, dan ketajaman dalam mencetak gol.

Sementara itu, Republik Ceko yang berstatus runner-up di kualifikasi memiliki jalan yang tak mudah untuk melawan Portugal dan Turki.

Namiun, pelatih Ivan Hašek memiliki pemain kunci seperti Patrik Schick. 

Pencetak gol terbanyak bagi negarannya ini menceploskan bola dengan kedua kaki dan kepalanya.

Dia memiliki banyak pengalaman dan kepercayaan diri, seperti yang ditunjukkan oleh tendangan jarak jauhnya yang luar biasa melawan Skotlandia, yang terpilih sebagai Gol Terbaik Turnamen di Piala Eropa 2020. 

Schick akan berusaha membawa momentum dari musim fantastisnya bersama Bayer Leverkusen ke final ini.

Ceko juga punya pemain lain yang harus diwaspadai timnas lainnya, yaitu Pavel Šulc.

Gelandang berusia 23 tahun ini baru melakukan debut internasional seniornya pada Maret, tetapi memiliki prospek yang sangat menjanjikan. 

Seorang playmaker yang lincah dan kreatif, dia telah mencetak gol secara teratur di Liga Ceko dan merupakan salah satu pemain kunci dalam perjalanan Viktoria Plzeň ke perempat final Liga Konferensi Europa.

Hašek menyebut Šulc sebagai salah satu bintang masa depan timnya.

Timnas Georgia dinilai sebagai negara yang paling kecil kemungkinan juara Piala Eropa tahun ini.

Meski begitu, pelatih Willy Sagnol memiliki pemain kunci bernama Khvicha Kvaratskhelia.

Musim perdana sang winger yang gemilang bersama peraih Scudetto 2022-2023 Napoli menjadikan Kvaratskhelia sebagai panutan bagi seluruh pemain negaranya. 

Dia juga mencapai dua digit gol di musim keduanya, di barisan depan sekelompok pemain Georgia yang beroperasi di lima liga top Eropa. 

Patut dinanti bagaimana hasil dari seluruh pertandingan grup F ini.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: