PKB Usul Duet Marzuki-Risma di Pilgub Jatim, Bisa Koalisi dengan PDIP

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 13 Juni 2024 | 16:15 WIB
Wasekjen PKB Syaiful Huda. (Foto/DPR)
Wasekjen PKB Syaiful Huda. (Foto/DPR)

BeritaNasional.com - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda mengusulkan duet KH Marzuki Mustamar dengan Tri Rismaharini di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 untuk menghadapi Khofifah-Emil. Huda mendorong koalisi antara PKB dan PDIP.

"Saya sendiri mengusulkan pasangan untuk bisa bertanding melawan Mbak Khofifah, salah satunya adalah koalisi PKB-PDIP dengan figur Kiai Marzuki-Bu Risma," ujar Huda di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Huda mengungkap sudah ada komunikasi antara DPW PKB Jawa Timur dan DPD PDIP Jawa Timur untuk membahas rencana kerja sama di Pilgub Jatim. Sebelumnya, PDIP ingin mengusung Khofifah, tetapi terbentuk sosok yang menjadi calon wakil gubernur.

Karena itu, PDIP membuka komunikasi dengan PKB untuk mengusung jagoan sendiri.

"Di teman-teman DPW, kayaknya sudah, kan awalnya teman-teman PDIP ingin menjadi bagian dari gerbongnya Mbak Khofifah mengusung calon wakil. Tapi, perkembangannya kayaknya dengan konstelasi terakhir sama beberapa rekomendasi partai sudah langsung memaketkan Mbak Khofifah dengan Mas Emil Dardak," kata Huda.

Adapun alasan Huda mengusulkan Risma menjadi calon wakil gubernur karena perlu sosok perempuan menghadapi Khofifah.

"Kira-kira begitu, pada konteks itu Bu Risma saya kira bisa menjadi alternatif," kata ketua komisi X DPR ini.

Sementara itu, PKB masih menunggu kesediaan Marzuki untuk maju sebagai calon gubernur. Arus bawah PKB sangat menginginkan sosok itu untuk maju.

"Kami menunggu kesediaan beliau, tapi aspirasi arus bawah PKB mulai dari simpatisan kader pengurus semua sangat berharap beliau memberikan keputusan untuk maju," kata Huda.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: