Hasil Euro 2024: Turki Tumbangkan Georgia, Portugal Menang Dramatis dari Ceko!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 19 Juni 2024 | 06:16 WIB
Timnas Portugal di Euro 2024. (Foto/eufa.com)
Timnas Portugal di Euro 2024. (Foto/eufa.com)

BeritaNasional.com - Turki berhasil mengalahkan Georgia dengan skor 3-1 dalam laga penyisihan grup F Euro 2024 yang berlangsung di Signal Iduna Park, Selasa (18/6/2024). Sementara, di pertandingan lainnya Portugal harus menang dramatis dari Ceko dalam pertandingan di Red Bull Arena Stadium, Rabu (19/6/2024).

Laga Turki vs Georgia sejak awal berlangsung dengan tempo yang tinggi karena jual beli serangan terjadi. Walau sengit, gol pertama baru tercipta di menit ke-25 bagi Turki.

Gol ini dilesatkan oleh Mert Muldur usai melepaskan tendangan voli keras usai memanfaatkan bola liar hasil sundulan Lasha Dvali yang sejatinya ingin membuang bola. Skor 1-0 bagi keunggulan turki.

Beberapa menit berselang, Baris Yilmaz sukses mencetak gol ke gawang Georgia. Hanya saja, wasit melalui pantauan VAR menganulir gol tersebut karena menyatakan offside.

Georgia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-32 usai Georges Mikautadze mencetak gol. Awalnya Giorgi Kochorashvili memberikan umpan mendatar ke dalam kotak penalti dan disambar oleh Mikautadze. Skor berubah menjadi 1-1.

Babak pertama pun skor berakhir imbang 1-1.

Di babak kedua, Turki kembali meningkatkan intensitas penyerangan. Pada menit ke-65 Turki mampu unggul setelah Arda Guller mencetak gol lewat sepakan jarak jauh. Skor menjadi 2-1 keunggulan Turki atas Georgia.

Di sisa waktu, Georgia terus memberikan tekanan ke lini pertahanan Turki. Hanya saja di mas injury time 90+7, Turki malah memperbesar keunggulan setelah memanfaatkan majunya kiper Georgia Mamardashvili saat mendapatkan sepakan pojok.

Kiper turki Mert Gunok meninju bola dan Kerem Akturkoglu melesakkan bola ke gawang yang tanpa penjagaan. Skor berakhir 3-1 kemenangan Turki dari Georgia.

Sementara, Portugal harus menang susah payah dari Ceko. Portugal yang mengincar poin penuh pun bermain spartan dengan melakukan penyerangan ke lini pertahanan Ceko..

Namun babak pertama tidak ada gol yang tercipta buat Portugal ataupun Ceko. Skor masih sama imbang yakni 0-0.

Di babak kedua, Portugal yang terus memberikan tekanan ke Ceko malah harus kebobolan lebih dahulu di menit ke-62. Gol ini dilesatkan oleh Provod usai menerima assist dari Vladimir Coufal. Skor 1-0 keunggulan Ceko dari Portugal.

Namun, Portugal langsung memberikan gol balasan. Pada menit ke-69, menciptakan gol bunuh diri ke gawang Ceko. Mulanya, Vitinha memberikan umpan jauh dan disambut Nuno Mendes kemudian ditepis kiper Ceko Jindirch Stanek dan bola liar membentur kaki Hranac sehingga masuk ke gawang sendiri.

Gol yang dinanti oleh Portugal akhirnya tiba di masa injury time 90+2 lewat tendangan Franscisco Conceicao yang menerima umpan silang dari Pedro Neto. Skor pun berubah menjadi 2-1 keunggulan Portugal atas Ceko dan bertahan hingga akhir laga.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: