CFD 23 Juni 2024 Hari Ini Ditiadakan

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 23 Juni 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi CFD di Jakarta (Foto/NTMC Polri)
Ilustrasi CFD di Jakarta (Foto/NTMC Polri)

BeritaNasional.com -  Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengumumkan bahwa car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada Minggu (23/6/2024) ditiadakan.

Absennya CFD pekan ini disebabkan oleh adanya Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-497 Kota Jakarta.

Adapun pengumuman ini dibagikan oleh Dishub melalui akun Instagramnya @dishubdkijakarta.

"#TemanDishub, dalam rangka penyelenggaraan Jakarta International Marathon, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 23 Juni 2024 DITIADAKAN," tulis Dishub.

Dishub menjelaskan bahwa peniadaan HBKB diterapkan sesuai dengan Pasal 5 ayat (1) Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

"Diatur bahwa pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/event yang bersifat khusus (Nasional/Internasional), yakni kegiatan/event tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus," ujar Dishub.

Sebagai informasi, kategori yang dilombakan pada Jakim kali ini adalah marathon atau 42,195K, half marathon alias 21,0975K, dan 10K.

Sementara itu, hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar, termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Nantinya, lari akan dimulai atau start dari Silang Barat Laut Monas dan selesai atau finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: