Imbas Serangan Siber PDN, Dirjen Aptika Mundur

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 04 Juli 2024 | 13:15 WIB
Dirjen Aptika Semuel. (Foto/kominfo)
Dirjen Aptika Semuel. (Foto/kominfo)

BeritaNasional.com - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan mendadak mengundurkan diri dari jabatannya.

Samuel merasa perlu bertanggung jawab atas serangan siber ransomware Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), dan mengajukan pengunduran diri sebagai Dirjen Aptika sejak 1 Juli 2024.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo," kata Samuel di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

"Terima kasih atas kerja samanya selama ini, dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan dan perkataan yang kurang berkenan," sambungnya.

Samuel mengatakan, secara teknis serangan siber terhadap PDNS merupakan tanggung jawabnya. Karena itu, ia merasa perlu mengundurkan diri dari jabatannya.

"Kejadian ini bagaimana pun juga secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai dirjen pengampu dalam proses transformasi pemerintahan. Secara teknis," katanya.

Samuel mengatakan, seharusnya masalah PDNS ini bisa ia tangani dengan baik. Karena serangan siber itu ia merasa ada tanggung jawab moral untuk mundur karena kegagalannya.

"Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral. Saya menyatakan harusnya ini selesai di saya karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utamanya," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: