Eks Penyidik KPK Akan Daftar Capim, Novel hingga Harun Al Rasyid Ikut Serta

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 04 Juli 2024 | 14:00 WIB
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan. (BeritaNasional/Panji Septo)
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Praswad Nugraha mengatakan bakal ada 12 orang dari pihaknya yang mendaftar sebagai calon pimpinan (capim) lembaga antirasuah.

Menurut Praswad, 12 orang tersebut saat ini tergabung dalam IM57+. Namun, para mantan personel KPK tersebut terganjal batasan syarat umur pimpinan KPK. 

“Ada 12 orang, termasuk saya,” ujar Praswad kepada Beritanasional.com pada Kamis (4/7/2024).

Dia mengatakan mantan penyidik KPK Novel Baswedan dan Harun Al Rasyid yang dijuluki sang raja operasi tangkap tangan (OTT) juga bakal mendaftar sebagai capim. 

“Saya, Novel Baswedan, Harun Al Rasyid, Budi Agung Nugroho, Andre Dedy Nainggolan, Herbert Nababan, ⁠Andi Abd Rachman Rachim,” tuturnya.

Selain itu, Rizka Anungnata, ⁠Juliandi Tigor Simanjuntak, ⁠March Falentino, ⁠Farid Andhika, dan Waldy Gagantika juga bakal ikut dalam seleksi tersebut. 

Saat ini, pihaknya mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas aturan yang mensyaratkan usia 50 tahun untuk menjadi pimpinan KPK.

“Kami terganjal syarat umur 50 tahun. Saat ini, mengajukan gugatan di MK, namun belum ada tanda-tanda sidang akan dimulai,” katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: