Wisatawan Indonesia yang Mau ke Iran Tak Butuh Visa

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 04 Juli 2024 | 15:02 WIB
Indonesia-Iran tingkatkan kerja sama wisata (Beritanasional/Meta)
Indonesia-Iran tingkatkan kerja sama wisata (Beritanasional/Meta)

BeritaNasional.com - Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia H.E. Mr. Mohammad Boroujerdi mengatakan, sejak September 2023, sejak ia jadi Dubes Iran untuk Indonesia, salah satu upaya yang diagendakan adalah meningkatkan kerja sama pariwisata di antara Indonesia-Iran.

"Kami melakukan identifikasi berbagai persoalan dan hambatan dalam wisata antara Indonesia-Iran. Salah satu hambatan diselesaikan dengan kemudahan di sektor visa. Wisatawan dari Iran bisa ke Indonesia hanya dengan visa online," ujarnya, Kamis (4/7/2024).

Sedangkan bagi para wisatawan Indonesia yang akan ke Iran, Iran tidak memberlakukan visa. "Bagi wisatawan Indonesia yang mau ke Iran, sudah tidak membutuhkan visa. Bahkan paspornya tidak akan dibubuhi cap dan tanda apapun dari imigrasi Iran," kata Mohammad Boroujerdi.

"Masyarakat Indonesia yang ke  Iran akan diperlakukan dengan baik, ketika mereka melewati imigrasi," ujarnya.

Sedangkan hambatan kedua, yakni tidak ada tidak adanya penerbangan langsung antara Iran dan Indonesia, juga akan diatasi.

"Kami sedang finalisasi untuk mendapatkan izin penerbangan dari Teheran ke Jakarta, dan sebaliknya. Ini jadi berita baik bagi pelaku industri wisata di antara kedua negara," ujar Mohammad Boroujerdi. 

Selanjutnya, kata Mohammad Boroujerdi, sudah ada MoU antara Indonesia dan Iran untuk memperluas hubungan di sektor pariwisata di antara keduanya. "Semoga bisa segera ditandatangani."

Langkah lainnya, Kedubes Iran sedang mempersiapkan materi atau konten yang memperlihatkan daya tarik wisata di Iran. "Konten-konten itu sedang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, lalu akan diberikan ke masyarakat Indonesia yang akan berwisata ke Iran."

Selain wisata biasa, lanjutnya, juga tersedia wisata kesehatan di mana wisatawan mendapatkan jasa kedokteran dan jasa kesehatan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: