Kumpulan Doa Hujan

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 05 Juli 2024 | 03:00 WIB
Hujan turun. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Hujan turun. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Turunnya hujan mesti disyukuri sebagai bagian dari nikmat Allah SWT. Hanya saja kita harus memohon kepada-Nya agar hujan itu menambah berkah bagi sawah dan ladang petani, membawa hanyut debu jalanan di kota-kota dan di desa, dan membawa rezeki dengan segala bentuknya bagi semesta penduduk bumi.

Berikut di antara doa-doa saat hujan turun:

1. Doa agar hujan menambah berkah

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya: Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat. 


Turunnya hujan semestinya disyukuri sebagai bagian dari nikmat Allah swt. Melalui doa yang kita baca, diharapkan hujan bisa menambah keberkahan, baik bagi para petani yang memiliki kebun, sawah, dan ladang, menghanyut debu jalanan, dan membawa rezeki dengan segala bentuknya bagi penduduk semesta alam.

2. Doa saat hujan deras agar tidak terjadi banjir

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari. 

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.

3. Doa ketika awan mendung

Rasululah saw ketika melihat awan mendung, beliau memohon agar awan yang membawa hujan tidak menjadi penyebab azab atau bencana, tapi rahmat. Berikut riwayatnya (HR Imam Ibnu Majah dan Imam al-Nasai):  

اللهُمَّ سَيْبَ رَحْمَةٍ وَلَا سَيْبَ عَذَابٍ 

Allahumma saiba rahmatin wa lâ saiba ‘adzâbin 

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: