Jokowi Sebut IKN Berpotensi Meningkatkan Ekonomi Daerah Sekitar

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 05 Juli 2024 | 17:15 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto/Setkab)
Presiden Joko Widodo. (Foto/Setkab)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki potensi untuk meningkatkan ekonomi sektor pertanian di daerah sekitarnya secara signifikan.

Jokowi menilai bahwa keberadaan IKN akan membuka peluang bagi daerah lain untuk memenuhi permintaan dari pasar baru yang dibawa oleh IKN.

“Nanti akan ada demand, permintaan dari pasar baru yang bernama IKN. Tentu saja, jika ada kelebihan produksi beras di sini, bisa dikirim ke IKN,” kata Jokowi usai meninjau program pompanisasi di Desa Layoa, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, pada Jumat (5/7/2024).

Kehadiran IKN juga diprediksi akan meningkatkan permintaan atas produk pertanian seperti beras, sayuran, dan bawang, yang dapat dengan mudah dipasok dari surplus yang dihasilkan di daerah sekitarnya.

Sebagai contoh, Presiden mencatat bahwa jika terdapat kelebihan produksi bawang, produk tersebut dapat dengan mudah dipindahkan untuk memenuhi kebutuhan di IKN.

“Jika ada kelebihan produksi sayur di sini, bisa diarahkan ke IKN. Bawang merah, misalnya, yang memiliki harga baik, sekitar 30 ribu per kilogram, dapat diarahkan ke IKN,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan peran strategis IKN dalam mendorong gelombang baru pertumbuhan ekonomi yang berpusat pada prinsip keberlanjutan.

“Saya yakin IKN akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru, dan kita ingin melihat terjadi transformasi ekonomi, terutama yang berkaitan dengan ekonomi hijau,” ucap Jokowi.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: