Usai Laga Inggris vs Swiss di Euro 2024, Murat Yakin: Kami Tak Pantas Pulang

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 07 Juli 2024 | 20:30 WIB
Pelatih Timnas Swiss Murat Yakin saat laga melawan Inggris di Euro 2024. (Foto/UEFA)
Pelatih Timnas Swiss Murat Yakin saat laga melawan Inggris di Euro 2024. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Inggris tampaknya harus bersusah payah untuk mengakhiri perlawanan Swiss melalui babak adu penalti dengan skor 1(5)-1(3) yang berlangsung di Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Jerman, pada Sabtu (6/7) pukul 23.00 WIB.

Awalnya, Swiss unggul lebih dulu lewat pemain Breel Embolo. Namun, tak tak lama bagi Inggris untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan Bukayo Saka. 

Skor 1-1 bertahan selama 120 menit sehingga pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Seusai pertandingan tersebut, pelatih Swiss Murat Yakin mengungkapkan kekecewaannya. Kekalahan ini sangat menyakitkan karena anak asuhnya telah bekerja keras untuk menciptakan banyak peluang.

"Ini menyakitkan. Kami telah berusaha keras, menciptakan banyak peluang. Saya sedih untuk para pemain dan untuk negara ini,’’ tuturnya yang dikutip dari laman UEFA pada Minggu (7/7).

Menurut pelatih yang memiliki darah Turki tersebut, tim asuhannya telah menciptakan banyak peluang. Karena itu, lanjut dia, timnya sebenarnya layak untuk menang.

‘’Inggris tidak memiliki banyak peluang dan kami menciptakan banyak peluang sendiri. Kami tidak pantas pulang. Inggris juga tidak pantas kalah, tetapi salah satu di antaranya harus kalah," ucapnya.

Kapten Swiss Granit Xhaka juga menumpahkan kesedihannya. Namun, di sisi lain, dia bangga dengan pencapaian yang diraihnya dan kawan-kawan.

‘’Kami tidak pantas kalah seperti ini. Namun, kami bisa bangga dengan diri kami sendiri. Dari pertandingan pertama hingga hari ini, kami terus berkembang dan menunjukkan karakter yang hebat. Untuk mengalahkan kami, dibutuhkan banyak hal,’’ katanya.

Sementara itu, manajer Inggris Gareth Southgate mengatakan anak asuhnya tampil gemilang. Dia menilai ini adalah penampilan terbaik mereka sejauh ini di Euro 2024. Menurut Southgate, Swiss adalah tim yang sangat bagus. Mereka sangat sulit ditekan.

‘’Kami membuat mereka (Swiss) banyak kesulitan saat menguasai bola. Mereka tim yang sangat bagus, mereka sulit ditekan, mereka sulit dilawan, pergerakan mereka bagus. Untuk bangkit dari ketertinggalan lagi, serta menunjukkan karakter dan ketahanan yang kami miliki,’’ tandasnya.

Kapten Inggris Harry Kane menilai para pemain memiliki ketahanan yang hebat untuk sampai babak adu penalti.

‘’Penalti adalah penalti. Saya merasa siap. Kami percaya pada siapa pun yang ada di lapangan dan perbedaannya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya adalah kami memiliki pengambil penalti yang berkualitas," katanya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: