Apa Itu Gender? Ada Istilah Kesetaraan dan Keadilan

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 08 Juli 2024 | 04:05 WIB
Ilustrasi gender. (Foto/Freepik)
Ilustrasi gender. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Gender adalah perbedaan yang terlihat antara laki-laki dan perempuan apabila dilihat dari nilai dan tingkah laku. 

Gender berasal dari bahasa latin “genus” yang berarti jenis atau tipe. Gender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya.

Pengertian gender berbeda dengan pengertian jenis kelamin. Gender dapat didefinisikan sebagai keadaan individu yang lahir secara biologis sebagai laki-laki dan perempuan yang kemudian memperoleh pencirian sosial sebagai laki-laki dan perempuan melalui atribut-atribut maskulinitas dan feminitas yang sering didukung oleh nilai-nilai atau sistem dan simbol di masyarakat yang bersangkutan. 

Lebih singkatnya, gender dapat diartikan sebagai suatu konstruksi sosial atas seks, menjadi peran dan perilaku sosial. 

Menurut Ilmu Sosiologi dan Antropologi, Gender itu sendiri adalah perilaku atau pembagian peran antara laki-laki dan perempuan yang sudah dikonstruksikan atau dibentuk di masyarakat tertentu dan pada masa waktu tertentu pula.

Kesetaraan Gender

Kesetaraan gender ialah kondisi perempuan dan laki-laki dapat menikmati status yang setara serta memiliki kondisi yang sama untuk mewujudkan secara penuh hak-hak asasi dan potensinya bagi pembangunan di segala bidang kehidupan.

Jadi, semua manusia memiliki akses dan kontrol yang wajar dan adil terhadap sumber daya serta manfaatnya, agar semua orang kemudian dapat berpartisipasi di dalamnya, serta memutuskan dan memperoleh manfaat dari pembangunan yang ada.

Keadilan Gender

Keadilan gender sebagai suatu proses dan perlakuan adil terhadap laki-laki dan perempuan. Keadilan gender sebagai keadilan perlakuan terhadap perempuan dan laki-laki, berdasarkan kepada kebutuhan masing-masing.

Hal ini mencakup perlakuan sama atau perlakuan yang berbeda tapi dianggap setara dalam hal hak, keuntungan, kewajiban dan kesempatan. Dengan keadilan gender berarti tak ada pembakuan peran, beban ganda, kekerasan, subordinasi, dan marginalisasi.

Dalam beberapa situasi, masih terdapat orang yang masih berpikir bahwa membicarakan kesetaraan gender sebagai suatu yang mengada-ada atau hal yang terlalu dibesar-besarkan. Kelompok orang yang berpikir seperti ini kemudian menganggap bahwa kedudukan laki-laki dan perempuan dalam keluarga maupun dalam masyarakat memang harus berbeda.

Selain itu, terminologi kesetaraan gender seringkali kemudian disalahartikan dengan mengambil alih pekerjaan dan tanggung jawab pada laki-laki.

Demikian penjelasan mengenai gender mulai dari pengertian, peran, kesetaraan dan keadilan gender.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: