Adidas Perkenalkan Bola Khusus Semifinal dan Final Euro 2024, Futuristis

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 07 Juli 2024 | 03:04 WIB
Bola yang akan dipakai saat semifinal dan final Euro 2024. (Foto/UEFA)
Bola yang akan dipakai saat semifinal dan final Euro 2024. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Melalui laman resmi UEFA Euro 2024 pada Minggu (7/7), Adidas resmi memperkenalkan bola bernama Fussballiebe Finale untuk dipakai saat semifinal dan final Euro 2024 di Jerman.

Bola tersebut mengalami penyegaran elemen visual. Ada bentuk sayap hitam mencolok dengan lengkungan dan titik-titik cerah yang menyerupai warna hitam, merah, dan emas khas negara Jerman.

Warna putih yang dipakai sebelumnya diganti dengan perak yang mencolok. Warna perak ini telah dikembangkan dan diuji secara khusus oleh para atlet.

Tujuannya, memastikan bola tersebut menonjol di lapangan tanpa memantulkan cahaya kembali ke permukaan.

Bola Fussballiebe Finale dilengkapi teknologi connected ball yang memberikan data bola yang akurat kepada ofisial pertandingan melalui video secara real time. 

Dengan menggabungkan data posisi pemain dengan AI, inovasi ini berkontribusi terhadap teknologi offside semiotomatis.

Dengan demikian, teknologi ini dapat memudahkan wasit dalam mengambil keputusan dalam pertandingan sepanjang turnamen.

Teknologi ini juga meningkatkan pengalaman menonton penggemar secara keseluruhan dengan menawarkan pengukuran akurat data permainan, termasuk kecepatan bola, putaran, dan jarak tempuh bola sebelum menyentuh gawang bagi penggemar yang menonton.

Bola ini juga dirancang untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi bentuk. Adidas juga telah memperkenalkan alas bola pertandingan baru yang terbuat dari aluminium anodized berbentuk prisma segitiga untuk prapertandingan semifinal dan final. 

Prisma tersebut terdiri dari 54 segitiga yang mewakili 54 asosiasi nasional yang ambil bagian dalam Euro 2024, termasuk babak kualifikasi.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: