Begini Tips Menyimpan Susu yang Baik, Baca Yuk!

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 12 Juli 2024 | 05:00 WIB
Cara menyimpan susu (Foto/Pixabay)
Cara menyimpan susu (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Pakar Diet dari RSCM Fitri Hudayani menjelaskan, sangat dibutuhkan untuk menyimpan susu dengan cara yang baik dan benar. Hal ini akan menjaga kualitas susu dan nilai gizinya dengan baik.

“Sejatinya menyimpan susu itu tergantung dengan jenisnya, jika susu bubuk sebaiknya disimpan di tempat yang tertutup, kering dan kedap dengan suhu sejuk kurang dari 30 derajat Celsius. Sedangkan menyimpan susu cair, sebaiknya disimpan di kulkas dengan suhu kurang dari 8 derajat celsius,” kata Fitri.

Dikutip dari Antara, Fitri menerangkan, susu cair yang sudah dipasteurisasi bisa dipanaskan dengan suhu lebih dari 60 derajat celsius untuk menghilangkan bakterinya. 

Meski demikian Fitri tidak menyarankan susu untuk direbus di suhu lebih dari 100 derajat celsius. Jika susu direbus terlalu panas maka kualitas susu akan menurun.

Dalam menyajikan susu sebenarnya tergantung selera, bisa hangat atau dingin tergantung masing-masing selera setiap orang. Namun memang cara menyimpannya harus benar agar nilai gizinya tidak menurun.

Namun Fitri tidak memberikan anjuran berapa banyak susu dikonsumsi, semua tergantung dengan kondisi dan kebutuhan gizi dari masing-masing orang.

“Susu sumber kalsium, susu sangat baik untuk kesehatan tulang,” kata Fitri.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: