Simak Tema Hari Anak Nasional 2024: Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 22 Juli 2024 | 20:01 WIB
Hari Anak Nasional 2024. (Foto/Kemenpppa).
Hari Anak Nasional 2024. (Foto/Kemenpppa).

BeritaNasional.com - Tanggal 23 Juli selalu diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Pada tahun 2024 ini, merupakan peringatan Hari Anak Nasional ke-40.

Setiap tahun, tema Hari Anak Nasional berbeda-beda. Tema pada tahun 2024 yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Tema dipilih agar peringatan bisa difokuskan ke sejumlah tujuan dan persoalan.

Melihat dari situs resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA) tema tahun ini dibagi menjadi enam sub tema, yang terdiri dari:

-Anak Cerdas Berinternet Sehat

-Suara Anak Membangun Bangsa

-Pancasila di Hati Anak Indonesia

-Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor

-Pengasuh Layak Untuk Anak: Digital Parenting

-Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak dan Stunting

Logo Hari Anak Nasional 2024

1. Tiga Anak yang Memegang Bendera Merah Putih: Melambangkan setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (citacita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sangsaka merah putih.

2. Warna Merah dan Putih melambangkan kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

Logo Hari Anak Nasional 2024. (foto/kemenpppa)

3. Garis Berwarna Abu-abu melambangkan meski banyak tantangan dalam perubahan pola hidup pada anak-anak, tetapi semua pihak tetap mengupayakan anak terpenuhi hak-haknya, bergembira, dan penuh kreativitas di bawah naungan perlindungan keluarga.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: