Menteri PUPR Basuki Sebut Air Minum Mulai Mengalir di IKN

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 24 Juli 2024 | 18:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau persiapan SPAM di IKN. (Foto/IKN)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau persiapan SPAM di IKN. (Foto/IKN)

BeritaNasional.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa air minum mulai mengalir dan bisa dikonsumsi di IKN, Kalimantan Timur, sehingga dapat beroperasi penuh pada akhir Juli.

"Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum. Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir,’’ tutur pria yang juga menjabat Plt Kepala Otorita IKN tersebut dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa (22/7/2024).

Hal tersebut diungkapkan Basuki saat meninjau langsung tes pengaliran air (running test ke-3) dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju reservoir induk IKN Nusantara yang berada di titik tertinggi.

Running test ke-3 itu berlangsung sejak Sabtu hingga Senin dini hari (22/7/2024). Tes ini merupakan bagian penting dalam pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk melayani kebutuhan air minum di IKN.

Setelah running test, lanjut Basuki, kini dilakukan pengurasan sistem dan jaringan sekaligus memonitor dengan ketat kualitas air dalam jaringan perpipaan untuk menjamin kualitas air minum yang baik, sesuai standar kesehatan yang berlaku.

Pada akhir Juli 2024, Basuki berharap SPAM Sepaku dapat beroperasi penuh melayani persil dan gedung-gedung di IKN.

‘’Kami berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan," ungkapnya.

SPAM Sepaku terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter/ detik, pipa transmisi 16 km, reservoir dan pipa distribusi 22 km.

SPAM Sepaku tahap I ditargetkan akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Paspampres, kompleks Kemenko 1,2,3, dan 4, Amphiteather, Galeri, Service Area, Hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan dan rumah sakit.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: