Bungkam Malaysia, Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Final Piala AFF

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 27 Juli 2024 | 22:03 WIB
Timnas Indonesia U-19. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia U-19. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos ke partai Final usai mengalahkan Timnas Malaysia di semifinal Piala AFF U-19 2024. Garuda Nusantara membungkam Malaysia dengan skor 1-0.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam, anak asuh Indra Sjafri menekan sejak awal laga berlangsung. Sejumlah peluang diciptakan, akan tetapi tidak ada ancaman berbahaya yang membahayakan gawang Malaysia.

Akan tetapi, memasuki menit ke-25, Malaysia malah berbalik menguasai bola. Justru Arkhan Kaka dan kolega bermain sedikit bertahan agar bisa menjaga gawang dari kebobolan.

Indonesia mempunyai peluang emas lewat Alfharezzi Buffon usai menerima umpan sundulan Kadek Arel. Tapi tendangan Buffon masih melambung jauh dari sasaran. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Indra Sjafri melakukan sejumlah perubahan. Misalnya memasukan Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan untuk menggantikan Arkhan Kaka dan Figo Dennis.

Serangan Indonesia pun semakin bertambah. Beberapa peluang pun diciptakan oleh Garuda Nusnatara di menit ke-64, 69 dan 75.

Gol yang ditunggu akhirnya datang. Gol ini berawal dari kemelut di depan kotak penalti Malaysia usai sepak pojok yang didapatkan Indonesia dan Alfharezzi Buffon melakukan sepakan keras.

Bola itu mengenai salah satu pemain Malaysia dan membentur tiang gawang. Akan tetapi, bola itu malah mengenai kiper Malaysia Muhammad Haziq sehingga bola masuk ke dalam gawang dan menjadi gol bagi Indonesia.

Skor berubah menjadi 1-0 bagi Indonesia atas Malaysia.

Di sisa waktu, Malaysia terus melancarkan serangan untuk membobol gawang Indonesia yang dijaga oleh Ikram Algiffari. Sampai waktu normal berakhir, skor 1-0 keunggulan bagi Indonesia dan memastikan tiket final bagi Garuda Nusantara.

Partai final Piala AFF U-19 2024 yang berlangsung pada Senin (29/7/2024), Indonesia akan melawan Thailand yang mengalahkan Australia 1-0.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: