Apa Itu Virus Oropouche? Simak Penjelasannya di Sini

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 30 Juli 2024 | 08:01 WIB
Ilustrasi Virus Oropouche. (Foto/freepik)
Ilustrasi Virus Oropouche. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Virus Oropouche sedang menjadi sorotan publik dikarenakan membuat dua warga Brasil meninggal dunia dan sekaligus menandai kematian pertama di dunia oleh virus tersebut. 

Lalu apasi sebenarnya Virus Oropouche?

Penyakit virus Oropouche adalah penyakit arbovirus yang disebabkan oleh virus Oropouche (OROV). Penyakit ini ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Culex quinquefasciatus.

Virus ini pertama kali terdeteksi pada 1955 di dekat Sungai Oropouche di Trinidad, diikuti oleh beberapa wabah di Brasil menjelang akhir abad lalu. 

Pada 2024, lebih dari 7.700 kasus OROV telah dilaporkan di lima negara di Amerika, di antaranya Brasil, Bolivia, Peru, Kuba, dan Kolombia per 23 Juli 2024.

Gejala yang paling sering dilaporkan adalah demam, nyeri punggung bawah, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, muntah, lemas, nyeri sendi, dan nyeri mata.

Sampai sekarang ini, belum ada pengobatan khusus atau antivirus yang tersedia untuk infeksi virus Oropouche. Pengobatan bersifat suportif dan bertujuan untuk mengurangi gejala serta mencegah komplikasi lebih lanjut.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: