4 Gelar Juara Indra Sjafri Bersama Timnas Indonesia

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 30 Juli 2024 | 15:05 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri. (Foto/PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Indra Sjafri kembali membuktikan dirinya memang pelatih yang bisa memberikan prestasi bagi Indonesia. Ya, pelatih asal Sumatera Barat tersebut kembali membawa Timnas Indonesia U-19 meraih gelar juara di Piala AFF U-19 2024.

Tercatat, Indra Sjafri sudah memberikan empat gelar penting bagi Timnas Indonesia kelompok umur U-19, U-22 dan U-23. Apa saja gelarnya sih?

Pertama, Indra Sjafari memberikan gelar juara Piala AFF U-19 2013. Saat itu, Indonesia berjumpa dengan Vietnam di partai final dan menang dramatis lewat babak adu penalti dengan skor 7-3.

Saat itu, Timnas U-19 diisi oleh generasi Evan Dimas dan kawan-kawan. Mereka pun menjadi bintang serta diburu oleh klub-klub liga Indonesia.

Usai membawa Timnas Indonesia U-19 menyabet gelar juara, bagi Timnas U-22 di piala AFF U-2022 2019. Di laga final, Indra Sjafri mampu membungkam Thailand dengan skor 2-1. 

Gol kala itu diciptakan oleh Sani Rizky dan Osvaldo Haay, sehingga mengantarkan Indonesia keluar sebagai kampiun Piala AFF U-22 tahun 2019.

Indra Sjafri gagal pada kesempatan pertama di SEA Games, pada 2019. Saat itu, skuad Merah Putih kalah dengan skor 0-3 dari Vietnam di final.

Akan tetapi, Kegagalan itu ditebus Indra Sjafri pada SEA Games 2023. Bisa dibilang, di Sea Games 2023 permainan Indonesia sangat perkasa, karena mampu mengalahkan Vietnam di semifinal dan mengalahkan Thailand di partai final dengan skor 5-2. 

Indra Sjafri kembali mengantarkan Indonesia meraih emas dari cabang sepak bola usai menanti selama 32 tahun.

Terbaru, Indra Sjafri memberikan gelar juara lagi bagi Timnas Indonesia U-19 setelah terakhir kali pada tahun 2013 lalu. Garuda Nusantara meraih gelar juara dengan catatan impresif karena tidak pernah mengalami kekalahan sejak fase grup. 

Di babak semifinal, Indonesia perkasa mengalahkan Malaysia lewat gol Alfharezzi Buffon. Kemudian di partai final Indonesia menang atas Thailand dengan skor 1-0 lewat gol Jens Raven.

Sebetulnya, Indra Sjafri pernah melatih klub, Bali United pada era 2014-2017. Namun, karirnya tidak secemerlang saat melatih Timnas Indonesia kelompok umur.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: