Ayatollah Ali Khamenei Perintahkan Iran Serang Israel, Balas Pembunuhan Ismail Haniyeh

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 01 Agustus 2024 | 20:00 WIB
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei (Foto/Khamenei)
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei (Foto/Khamenei)

BeritaNasional.com - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memerintahkan serangan langsung ke Israel sebagai pembalasan atas pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada awal minggu ini.

Khamenei dilaporkan memberikan instruksi tersebut setelah mengadakan pertemuan darurat dengan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran pada Rabu pagi setelah serangan rudal yang menewaskan Haniyeh.

Dikutip dari RT, Haniyeh sedang berada di Teheran untuk menghadiri pelantikan Presiden baru, Masoud Pezeshkian, ketika sebuah rudal menghantam tepat di tempat tinggalnya pada hari Rabu, menewaskan dia dan salah satu pengawalnya.

“Kami menganggapnya sebagai tugas kami untuk membalas dendam. Apalagi Haniyeh meninggal di negara kami,” kata Khamenei.

Khamenei juga mengutuk Israel karena menyerang Haniyeh ketika ia menjadi tamu terhormat di Iran.

Israel hingga kini tetap bungkam terhadap kasus pembunuhan Haniyeh. Israel tidak mengkonfirmasi atau membantah posisinya berada di balik pembunuhan tersebut.

Israel sendiri telah bersumpah menghabisi Haniyeh dan tokoh-tokoh lain dalam kepemimpinan Hamas setelah serangan 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 warga Israel dan membuat lebih dari 250 orang disandera. Apalagi Israel selama ini sudah membabibuta membantai warga Gaza termasuk anak-anak.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: