PAN Ungkap Keputusan Gerindra-Golkar: Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta, Dedi Mulyadi di Jabar

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 19:15 WIB
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. (Foto/Parlementaria DPR)
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. (Foto/Parlementaria DPR)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengungkap sudah ada kesepakatan antara Golkar dan Gerindra terkait calon gubernur yang akan diusung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta dan Jawa Barat 2024. 

Dedi Mulyadi akan maju sebagai calon gubernur Jawa Barat, sedangkan Ridwan Kamil calon gubernur Jakarta.

"Ada keputusan yang sudah disampaikan oleh Golkar dan Gerindra," kata Eddy di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

Namun, keputusan itu belum final di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Bakal menjadi final apabila seluruh partai sudah memberikan keputusan. Dalam surat keputusan itu, pasangannya sudah harus ditentukan.

"Tetapi, nanti finalnya kan kalau sudah bentuknya SK. Kami akan menunggu nanti bagaimana SK-nya itu bisa dikeluarkan," kata Eddy.

Karena itu, menunggu keputusan bersama siapa yang akan mendampingi Ridwan Kamil di Jakarta dan Dedi Mulyadi di Jawa Barat.

"Karena SK itu kan harus menyertakan calon wakil juga. Jadi, ya itulah yang kami nanti tunggu. Kami sepakati bersama-sama," kata Eddy.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sinyal kuat bahwa sudah ada kesepakatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilkada Jawa Barat dan Jakarta.

Pilkada Jawa Barat mengarah kepada sosok Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Sebab, Golkar Jawa Barat dan Gerindra Jawa Barat sudah bertemu. Bahkan Dedi Mulyadi juga menemui para pengurus Partai Golkar.

"Kami sudah perkembangan tadi pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPD Partai Golkar, dan juga DPD Gerindra, kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar," ungkap Airlangga kepada wartawan di Jakarta, Jumat (2/8/2024) malam.

"Jadi pembicaraan sudah sampai sana," imbuhnya.

Airlangga pun memberikan sinyal siapa yang akan maju di Pilkada Jakarta. Karena Dedi yang maju di Jawa Barat, maka Ridwan Kamil tidak maju di sana.

Ridwan Kamil diketahui dicalonkan Golkar juga di Jakarta. Airlangga memberikan sinyal dukungan setelah Dedi resmi di Jawa Barat, maka Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti Jakarta siapa, masih nanya, apalagi Jakartanya KIM plus," pungkasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: