Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Mengundurkan Diri

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 05 Agustus 2024 | 20:00 WIB
PM Bangladesh Sheikh Hasina  mengundurkan diri (Foto/X Sheikh Hasina)
PM Bangladesh Sheikh Hasina mengundurkan diri (Foto/X Sheikh Hasina)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina akhirnya memutuskan mengundurkan diri. Ia juga disebut meninggalkan negara tersebut.

Keputusan tersebut diambil setelah kekerasan yang paling mematikan sejak negara Asia Selatan itu berdiri lebih dari lima dekade lalu menyebabkan jumlah korban terus meningkat.

Kepala Angkatan Darat Jenderal Waker Us Zaman menyatakan, Hasina telah meninggalkan negara tersebut. Pemerintah sementara Bangladesh akan segera dibentuk.

Hasina dilaporkan terbang menggunakan helikopter militer bersama saudara perempuannya ke India. Saluran televisi CNN News 18 melaporkan, ia sudah berada di Agartala, India.

Sementara itu ribuan orang turun ke jalan-jalan Ibu Kota Dhaka. Mereka menyerbu kediaman Hasina dan merusak tempat tersebut. Mereka meneriakkan slogan dan menunjukkan tanda-tanda kemenangan.

Dikutip dari Antara, para pengunjuk rasa meneriakkan, "Dia sudah meninggalkan negara ini,".

Para aktivis mahasiswa menyerukan pawai menuju Ibu Kota Dhaka menentang diberlakukannya jam malam nasional. Mereka mendesak Hasina mundur. 

Desakan Hasina mundur usai bentrokan mematikan di seluruh negeri yang menewaskan hampir 100 orang sehari sebelumnya. Bulan lalu, sekitar 150 orang tewas akibat unjuk rasa protes kuota kerja di pemerintahan. Unjuk rasa penuh kekerasan itu kemudian berkembang menjadi kampanye untuk menggulingkan Hasina.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: