PAN Akui KIM Tengah Bahas Pasangan Ridwan Kamil dengan Kader PKS

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 07 Agustus 2024 | 19:15 WIB
Politikus Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo)
Politikus Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menanggapi peluang kader PKS menjadi pendamping Ridwan Kamil di Jakarta.

Eddy mengakui ada peluang kader PKS menjadi pendamping Ridwan Kamil apabila KIM Plus terbentuk. Namun, hal tersebut belum final karena masih dalam tahap pembahasan.

"Itu belum final (kader PKS jadi wakil RK) ya, karena masih tahap pembahasan," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Dia mengatakan para ketua umum di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang akan memutuskan siapa yang akan menjadi pendamping Ridwan Kamil.

"Ini saya rasa nanti para ketua umum yang akan menyampaikan itu. Apa pun pengumuman atau yang disampaikan secara formal dan resmi posisi KIM atau KIM plus nanti ke depan, itulah nanti merupakan bagian dari hasil yang diputuskan para ketua umum," ujarnya.

Eddy membantah KIM Plus ini menjadi bagian dari cara untuk menjegal Anies Baswedan. Diketahui, PKS saat ini mengumumkan mendukung Anies Baswedan dipasangkan dengan kadernya Sohibul Iman.

"Saya masih coba memahami bagaimana cara menjegalnya. Tapi, yang namanya kita berpolitik kan kita berpolitik ingin guyub ya, ingin guyub, ingin maju," ujarnya.

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) tengah mencari pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta. 

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan pihaknya terbuka memasangkan Ridwan Kamil dengan kader dari partai yang akan bergabung dengan KIM Plus.

"Saya kan kemarin ngomong ada KIM Plus, tentunya kalau ada KIM Plus yang bareng di pilkada DKI tentunya kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan wakil dari partai koalisi yang sekarang, KIM Plus itu tentunya ada," ujar Dasco kepada wartawan yang dikutip pada Rabu (7/8/2024).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: