Golkar Pastikan Tak Ada Syarat Khusus Bila PKS Dukung Ridwan Kamil sebagai Cagub

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 08 Agustus 2024 | 17:39 WIB
Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. (BeritaNasional/Ahda).
Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com - Partai Golkar terbuka dengan sikap PKS bila ingin mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta. Golkar pastikan tidak ada syarat khusus kepada PKS untuk mendukung Ridwan Kamil.

"Nggak ada, kita sudah Alhamdulillah punya kader yang bisa kita usung di Jakarta. Wakilnya terserah dari kesepakatan partai politik yang tergabung mengusung Ridwan Kamil," kata Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Golkar bersyukur proposalnya mencalonkan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur direspon positif oleh PKS. Namun, soal pendampingnya, Golkar belum bisa memastikan apakah akan mengambil kader PKS sebagai calon wakil gubernur.

"Alhamdulillah kalau proposal kami diterima dengan baik, direspon dengan positif, apalagi kalau nanti betulnya dukungan kepada saudara Ridwan Kamil. Soal wakilnya siapa, nantikan seperti yang saya katakan tadi, akan dibicarakan di seluruh pimpinan partai politik yang sepakat mengusung Ridwan Kamil," kata Doli.

Golkar terbuka siapa saja yang menjadi pendamping Ridwan Kamil. Baik dari partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). Atau partai yang akan bergabung dengan KIM seperti PKS.

"Apakah terbatas semua partai politik yang tergabung dalam KIM saja, atau bersama dengan partai politik yang lain, termasuk teman-teman atau bapak ibu di PKS. Dan siapa yang diputuskan jadi wakilnya, Golkar menerima dengan senang hati," kata Doli.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengakui pihaknya telah membangun komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) agar bisa mencalonkan tokoh di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hal itu diucapkannya lantaran PKS belum menemukan partner koalisi untuk mencalonkan Anies Baswedan sebagai cagub Jakarta 2024 meski menjadi pemenang pemilu.

"PKS mulai membuka komunikasi dengan semua pihak agar ada kepastian bahwa kami bisa ikut berkontestasi di pilkada," ujar Kholid kepada wartawan pada Rabu (7/8/2024).

Menurut dia, salah satu opsi yang dimiliki PKS adalah mencalonkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama KIM dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Salah satu opsi komunikasi tersebut adalah membangun komunikasi politik dengan KIM di mana RK sebagai calon definitif mereka saat ini. Opsi ini sedang dikaji oleh pimpinan PKS," tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: