Upacara Hari Kemerdekaan RI di IKN, Cucu Proklamator Bacakan Teks Proklamasi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 11:05 WIB
Ketua DPR dan cucu Proklamator Puan Maharani sebelum membacakan teks proklamasi. (Foto/inst @puanmaharaniri)
Ketua DPR dan cucu Proklamator Puan Maharani sebelum membacakan teks proklamasi. (Foto/inst @puanmaharaniri)

BeritaNasional.com - Ketua DPR RI dan cucu Proklamator Soekarno, Puan Maharani, mengemban tugas menjadi pembaca teks proklamasi dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

"Proklamasi. Kami bangsa Indonesia, dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," ujar Puan membacakan teks proklamasi.

Puan mengikuti upacara di IKN sebagai pimpinan DPR. Dia bersama pimpinan DPR dan MPR bertolak ke IKN setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD pada Jumat (16/8/2024).

Upacara Kemerdekaan Ke-79 RI terasa spesial karena untuk pertama kali digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Upacara dipimpin oleh Presiden Joko Widodo serta dihadiri Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

Puan terlihat mengenakan Kebaya Kartini berwarna merah delima yang mencerminkan semangat emansipasi wanita.

Penampilan Puan dilengkapi dengan selendang senada dengan kain batiknya yang membuat mantan Menko PMK itu semakin anggun.

"Semoga upacara peringatan HUT RI di IKN berjalan lancar dan khidmat," ujarnya melalui keterangan tertulis.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: