8 Bangunan Rusak Imbas Gempa M 5,8 Guncang Gunungkidul Yogyakarta

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 27 Agustus 2024 | 07:31 WIB
Rumah warga di Gunung Kidul yang mengalami kerusakan usai diguncang gempa. (Foto/BNPB).
Rumah warga di Gunung Kidul yang mengalami kerusakan usai diguncang gempa. (Foto/BNPB).

BeritaNasional.com - Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5.8 mengguncang wilayah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (26/8/2024) malam. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, pusat gempa itu berada di titik koordinat 8.78 LS dan 110.27 BT pada kedalaman 30 kilometer.

“Jika ditarik garis lurus, pusat gempa berada di dasar laut dan berjarak 95 kilometer sebelah barat daya dari wilayah Gunungkidul. Meski demikian, gempabumi tersebut dipastikan tidak menimbulkan tsunami,” ujar Abdul dalam keterangannya, Selasa (27/8/2024).

Guncangan gempa tersebut dirasakan dengan intensitas sedang hingga kuat selama 2-5 detik di beberapa wilayah meliputi Gunung Kidul, Kulon Progo, Bantul, Sleman, Klaten, Purworejo, Kebumen, Cilacap dan Pacitan.

Menurut Abdul. gempa itu berdampak pada kerusakan bangunan rumah maupun fasilitas umum.

“Adapun rinciannya, 5 unit rumah rusak ringan di Gunung Kidul, 1 unit rumah rusak ringan di Kulon Progo, 1 rumah rusak ringan di Bantul dan 1 unit pasar rusak ringan di Sleman,” jelas dia.

Dari laporan visual,  kata Abdul. kerusakan bangunan itu rata-rata adalah keretakan di bagian dinding. Sementara itu beberapa atap pasar di Sleman berjatuhan akibat guncangan gempabumi tersebut.

“Hingga siaran pers ini diturunkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa. Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing wilayah yang terdampak saat ini tengah melakukan kaji cepat dan menyusun laporan,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: