Kota Jakarta Berhias Diri Sambut Tamu Agung Paus Fransiskus

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 03 September 2024 | 06:00 WIB
Paus Fransiskus akan kunjungi Jakarta (Foto/X Pope Francis)
Paus Fransiskus akan kunjungi Jakarta (Foto/X Pope Francis)

BeritaNasional.com - Kota Jakarta mulai berhias diri untuk menyambut kedatangan tamu agung Paus Fransiskus. Papan reklame besar, prangko kepausan, dan potongan gambar Paus seukuran manusia tampak menghiasi berbagai sudut untuk menyambut kehadiran pemimpin besar umat Katolik itu.

Paus memulai perjalanan terpanjang dan terjauh dalam sejarah kepausannya. Ia akan menghabiskan waktu selama tiga malam di Jakarta dari total perjalanan 12 hari sebelum melanjutkan perjalanannya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Di Jakarta Pusat, sebuah papan reklame besar baru bertuliskan "Selamat Datang Paus Fransiskus" dengan slogan "Iman, Persaudaraan, Kasih Sayang" tampak sudah terpasang.

Presiden Joko Widodo mengatakan, ia akan menemani Paus sebisa mungkin selama kunjungan tersebut.


Papan nama Paus dan gambar-gambar keagamaan karya anak-anak sekolah juga tampak dipamerkan.

Warga terlihat mengantre untuk membeli dua desain prangko kepausan yang dirilis pemerintah untuk merayakan kunjungan tersebut.

Prangko khusus tersebut dibanderol dengan seharga Rp63.000 untuk satu lembar yang berisi 18 prangko.

Pemerintah siap mengerahkan sekitar 4.000 personel keamanan untuk melindungi Paus, yang meliputi penembak jitu, tentara, polisi, dan tim pengaman.

Dikutip dari VOA, Paus Fransiskus akan menjadi Paus ketiga yang mengunjungi Indonesia, mengikuti Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 1989. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: